Daur Hidup Kupu-Kupu, Sungguh Indah Proses Makhluk Ciptaan Tuhan

Daur Hidup Kupu-Kupu
Daur Hidup Kupu-Kupu
Sumber :
  • u-repot

Olret – Masih ingat dengan sebuah lagu yang sempat booming tentang kupu-kupu. "Persahabatan bagai kempompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu". Sekilas lirik lagi tersebut memang syarat makna bagi kehidupan. Tapi pernah kamu mengetahui bagaimana cara daur hidup kupu-kupu?

Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong memiliki siklus hidup holometabola atau metamorfosis sempurna. Siklus hidup kupu-kupu benar-benar menakjubkan. Kupu-kupu memiliki empat tahap kehidupan, telur, larva (ulat), pupa (kepompong), dan kupu-kupu dewasa.

Masing-masing dari empat tahap sangat unik dan berbeda setiap jenis kupu-kupu. Berikut ini daur hidup kupu-kupu, banyak proses tumbuh kembangnya yang bisa kamu jadikan sebagai pelajaran juga dalam hidup ini.

1. Telur Kupu-kupu

Daur hidup kupu-kupu yang pertama adalah dimulai dengan telur kupu-kupu. Tahap telur biasanya berlangsung 3-7 hari. tetapi setiap jenis dan spesies kupu-kupu sedikit bervariasi. Bahkan beberapa spesies kupu-kupu menjadikan dirinya kembali sebagai telur ketika musim dingin. Dia juga menjalani diapause untuk bertahan hidup selama berbulan-bulan di musim dingin.

Telur kupu-kupu sangat kecil. Ukuran sebenarnya bervariasi antar spesies tetapi kamu dapat mengharapkan telur berdiameter sekitar 1-3 mm (seperti pinhead atau lebih kecil). Telur sebenarnya sangat bervariasi dalam bentuk dan warna tetapi kamu tidak akan melihat banyak variasi tanpa alat.

Perlu diketahui, bahwa kupu-kupu tidak bertelur sembarangan. Kupu-kupu akan berterlur di tempat dia banyak menemukan makanan demi kelangsungan hidupnya. Setiap spesies kupu-kupu hanya memiliki beberapa jenis tanaman yang akan memberikan nutrisi yang tepat untuk ulat (larva) tertentu sehingga di situlah akan bertelur.

Misalnya, kupu-kupu Black Swallowtail bertelur di keluarga wortel tanaman seperti adas, adas, peterseli, dan wortel.

2. Ulat Kupu-kupu (Larva)

Daur hidup kupu-kupu yang kedua adalah ulat kupu-kupu. Ulat yang sangat kecil menetas dari telur. Makanan pertama untuk sebagian besar ulat adalah kulit telur. Ulat ini dirancang untuk menjadi "mesin makan" dan sebelum mulai menjadi kepompong, ia akan meningkatkan massa tubuhnya ribuan kali lipat.

Ulat akan berganti kulit beberapa kali saat mereka melampaui kerangka luar mereka. Setiap kali mereka melakukan penampilan mereka akan berubah, kadang-kadang agak dramatis.

Black Swallowtails, misalnya, memiliki lima instar atau lima tahap berbeda antara penetasan dari telur dan waktu kepompong. Jumlah instar bervariasi antara spesies kupu-kupu. Total waktu kupu-kupu tetap berada di tahap ulat adalah sekitar 2-5 minggu dan bervariasi berdasarkan spesies dan kondisi pertumbuhan.

Dipercayai bahwa tahap ulat adalah yang paling berbahaya dalam siklus hidup kupu-kupu karena tingkat kematiannya sangat tinggi. Ulat tunduk pada kondisi cuaca, penyakit, parasit dan predator. Banyak spesies kupu-kupu dewasa bertelur ratusan telur dengan hanya sedikit yang bertahan hidup hingga menjadi dewasa.

3. Kupu-kupu Kepompong

Daur hidup kupu-kupu yang ketiga adalah menjadi kepmpong. setelah ulat selesai tumbuh dan telah mencapai panjang dan berat, ulat akan membentuk diri menjadi kepompong, juga dikenal sebagai pupa. 

Dari luar kepompong, sepertinya ulat mungkin hanya beristirahat, tetapi bagian dalam adalah tempat semua berubag. Di dalam kepompong, ulat berubah dengan cepat.
Ulat pendek, gemuk dan tidak memiliki sayap sama sekali. 

Di dalam kepompong bagian tubuh tua ulat sedang mengalami transformasi luar biasa, yang disebut 'metamorfosis,' menjadi bagian-bagian indah yang membentuk kupu-kupu yang akan muncul. Jaringan, anggota badan,  dan organ ulat semuanya telah diubah pada saat kepompong selesai. Hasilnya? Kupu-kupu bersayap yang indah!

4. Siklus Hidup Kupu-Kupu Dimulai/Berakhir Dengan Kupu-Kupu Dewasa

Tahap terakhir dari daur hidup kupu-kupu adalah menjadi kupu-kupu dewasa yang sangat indah dan bermanfaat untuk proses tumbuhan lainnya.

Ketika kupu-kupu muncul dari kepompong, sayapnya kusut. Kupu-kupu akan menggantung dengan sayap ke bawah dan akan mulai memompa sayap penuh cairan dari tubuh mereka untuk meluruskannya. Maka kupu-kupu harus menunggu beberapa jam sampai sayap mengeras dan mengering sebelum bisa terbang.

Umur sebagian besar kupu-kupu dewasa adalah sekitar 2-3 minggu tetapi ini dapat sangat bervariasi di antara spesies.

Dalam umur mereka, kupu-kupu dewasa betina harus menemukan pasangan dan tanaman yang tepat untuk bertelur untuk memulai siklus hidup kupu-kupu lagi.

Jenis-Jenis Kupu-Kupu

Sama halnya dengan hewan lainnya, kupu-kupu juga memiliki berbagai jenis. Berikut ini jenis kupu-kupu yang harus kamu tahu.

  1. Kupu-kupu raja (Danaus plexippus)
  2. Kupu-kupu bersayap bening (Greta oto)
  3. Kupu-kupu spicebush swallowtail (Papilio troilus)
  4. Kupu-kupu Kaiser-i-Hind (Teinopalpus imperialis)
  5. Kupu-kupu ceylon rose Sri Lanka (Pachliopta jophon)
  6. Kupu-kupu swallowtail raksasa Jamaika (Papilio homerus)
  7. Kupu-kupu swallowtail merak (Papilio chikae)
  8. Kupu-kupu buckeyes (Junonia)
  9. Kupu-kupu cracker (Hamadryas)
  10. dan masih banyak lagi

Nah, itu lah daur hidup kupu-kupu? Apakah kamu sudah memahaminya? Atua malah justru teringat ketika belajar di zaman SMA ya?