Wat Phra Thong, Kuil Buddha di Thalang Phuket Thailand

Wat Phra Thong
Wat Phra Thong
Sumber :

Olret – Selain Wat Tham Ta Pan yang merupakan kuil yang cukup angker dan menawarkan patung-patung dengan bentuk menakutkan. Ada juga Wat Phra Thong, Kuil Buddha di Thalang Phuket Thailand.

Wat Phra Thong (atau Wat Prathong) adalah kuil di Phuket yang terkenal dengan patung Buddha emas yang setengah terkubur bernama Luang Poh Phra Thong (Buddha Emas) di pekarangannya. Moniker lainnya adalah Wat Phra Phud, yang berarti 'Kuil Buddha yang menonjol'.

Kuil ini diyakini sebagai salah satu kuil tertua di pulau itu. Itu menerima kunjungan pada tahun 1909 oleh Raja Rama VI yang pada waktu itu masih putra mahkota dan yang memberikan nama resminya.

Infomasi dan Sejarah Wat Phra Thong

Wat Phra Thong

Wat Phra Thong

Photo :
  • -

Wat Phra Thong adalah kuil yang relatif kecil, tetapi dengan beberapa bangunan dan fitur berwarna-warni, ini adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Daya tarik utamanya adalah patung Buddha emas setengah terkubur, yang dikatakan 'tak tersentuh' – setiap orang yang mencoba menggalinya pada akhirnya menerima kutukan.

Legenda mengatakan bahwa seorang anak petani, yang mengikat kerbaunya ke sebuah benda yang tampak seperti tiang di lapangan terbuka, jatuh sakit dan meninggal tidak lama kemudian, bersama dengan kerbaunya.

Ayah malang itu memimpikan kejadian ini dan pergi untuk memeriksa pos, yang ternyata adalah bagian atas dari patung Buddha besar yang terkubur.

Banyak penduduk desa datang untuk membantu menggalinya tetapi hanya berhasil mengekspos setengah dari patung itu; mereka tidak bisa menggalinya tidak peduli berapa kali mereka mencoba.

Ide untuk membangun kuil di sekitar Buddha yang setengah terkubur ini muncul ketika seorang biksu yang sedang berziarah melihat patung suci tersebut. Wat Phra Thong telah menjadi pusat spiritual masyarakat lokal sejak saat itu.

Hal yang Haru Kamu Tahu tentang Wat Phra Thong

Hal yang Haru Kamu Tahu tentang Wat Phra Thong

Hal yang Haru Kamu Tahu tentang Wat Phra Thong

Photo :
  • Google Image

Penjelasan yang lebih rasional mengapa ada patung Buddha yang setengah terkubur di Wat Prathong adalah karena kanal di dekatnya berubah arah dan membanjiri area tersebut, meninggalkannya di bawah lapisan lumpur.

Kuil ini juga memiliki museum yang menarik, di mana Anda dapat melihat barang-barang bersejarah yang disumbangkan oleh penduduk setempat. Yang harus dilihat termasuk perlengkapan penambangan timah, keranjang mas kawin Cina, sepatu teen-tuk (pengikat kaki) Cina, pembawa makanan, meriam, dan belati Jawa.

Wat Phra Thong terletak di dekat Kantor Distrik Thalang, sekitar 13,5 km selatan Bandara Internasional Phuket. Jika Anda menuju bandara, jalan yang mengarah ke kuil ada di sisi kanan (Anda harus memutar balik jika mengemudi). Cari tanda kecil sebelum mencapai Thalang dan ikuti jalan menuju area parkir wat.

  • Lokasi: 172/2​ Nanai Road, Thep Krasatti, Thalang, Phuket 83110, Thailand
  • Buka: Setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore
  • Telepon: +66 (0)93 621 4687