Ingin Bisnis Dijangkau Lebih Luas? Beginilah Cara dan Tarif Memasang Iklan Di Instagram Stories

Iklan Instagram Stories
Sumber :
  • Kompas Tekno

Olret –Di berbagai sosial media termasuk instagram, juga menyediakan fitur memasang iklan. Tujuannya adalah memasarkan konten/bisnis/usaha kamu agar menjangkau pengguna lebih luas.

Nah, di Instagram sendiri, fitur iklan ini bisa digunakan pada postingan Instagram Feed maupun IG Stories. Salah satu pilihan iklan praktis dan singkat adalah postingan IG Stories. Pelaku usaha bisa membuat konten di Stories Instagramnya untuk dipromosikan. 

Penasaran bagaimana cara memasang iklan di instagram stories dan cara pembayarannya. Yuk simak artikel ini selengkapnya.

1. Cara Mendaftar Iklan

Berikut ini adalah 7 langkah dalam memasang iklan di Instagram Story: 

  • Siapkan konten Instagram Stories yang ingin Anda promosikan
  • Selanjutnya buka akun Instagram Anda. Pastikan akun Instagram telah beralih aku akun bisnis atau kreator
  • Klik bagian stories di pojok kiri atas Unggah konten Instagram Stories Anda
  • Selanjutnya lihat pada bagian fitur bawah dan pilih “Promosikan”
  • Nantinya pengguna bisa memilih beberapa target promosi. Misalnya saja jangkauan profil lebih banyak, kunjungan situs web, atau lebih banyak pesan
  • Pilih target sesuai yang Anda inginkan Klik “Selanjutnya”
  • Tentukan jangkauan audiens. Anda bisa memilih “Buat punya sendiri” untuk menargetkan audiens secara manual
  • Setelah menentukan jangkauan audiens, selanjutrnya tentukan anggaran iklan dan durasinya
  • Nantinya terdapat ringkasan estimasi anggaran, tujuan iklan , dan durasi, dan pilih metode pembayaran
  • Anda bisa memilih metode pembayaran dengan transfer, kartu debit/kredit, e-wallet, dan masih banyak lainnya
  • Setelah seluruh overview iklan sudah benar sesuai yang diinginkan, selanjutnya klik “Promosikan cerita”

2. Tarif Memasang Iklan Di Instagram/Instagram Stories

Selain cara memasang iklan, kamu juga pasti penasaran berapa biaya yang harus dikeluarkan. 

Dikutip dari Kompas Tekno, bahwa harga iklan belum termasuk pajak estimasi VAT. Selain itu iklan akan ditinjau kembali dalam 24 jam atau lebih. Itulah cara pasang iklan di Instagram Story untuk bisnis online agar menjangkau pasar lebih luas.

Dikutip dari Web FX, harga Instagram Ads bergantung pada model iklan yang secara umum terbagi menjadi dua, yakni biaya per klik atau cost-per-click (CPC) dan atau biaya per tayang cost-per-impressions (CPM)

Rata-rata, pengiklan membayar 0,20 dollar AS atau Rp 3.000 (kurs Rp 15.000) hingga 2 dollar AS atau Rp 30.000 per klik untuk iklan CPC. Sementara, untuk iklan CPM, harga Instagram Ads berkisar 6,70 dollar AS atau Rp 100.500 per 1.000 tayangan.

Namun ada banyak hal lain yang juga mempengaruhi pembayaran seperti, jumlah penawaran, skor relevansi iklan, perkiraan tindakan, permintaan/penawaran, prime time, gender, dan pasar yang sasar.

3. Cara Pembayaran 

Pembayaran iklan di Instagram Ads dilakukan melalui kartu kredit maupun debit. Setelah dilakukan pembayaran, Facebook akan melakukan review iklan yang sudah ditayangkan sehingga kamu bisa mengetahui sejauh ini mana efektivitas iklan. 

Kamu juga bisa melakukan penganggaran iklan di waktu tertentu, misalnya menganggarkan dana Rp 1.000.000 untuk beriklan selama seminggu.

4. Beragam Manfaat Beriklan Di Instagram Stories 

Selain menjangkau pengguna lebih luas. Ada banyak pula manfaat beriklan di instagram stories. Apa saja itu?

1. Meningkatkan Brand Awareness

 Dengan meningkatkan brand awareness, Anda dapat mendapatkan kepercayaan pembeli dan Anda dapat mengekspansi bisnis Anda secara luas

2. Memperoleh Informasi Pengguna Lebih Spesifik

Instagram mampu memberikan Anda informasi mengenai data para pengguna Instagram yang melihat akun profil bisnis Anda. Informasi yang didapat berupa jenis kelamin, minat, usia hingga lokasi pengguna. Untuk mengaktifkan fitur ini akun Anda harus merupakan akun bisnis. Dengan begitu Anda akan mendapatkan insight mengenai informasi calon pembeli.

3. Format Iklan Yang Dinamis

Sejauh ini Instagram menyediakan iklan dalam bentuk gambar, video singkat dan postingan berupa beberapa gambar maupun video (dalam satu postingan). Format iklan ini dapat Anda sesuaikan juga dengan target pasar Anda dan jenis produk Anda. 

4. Mengarahkan Pengguna Ke Website Kamu

Otomatis traffic website kamu juga akan meningkat pesat. Instagram menyediakan fitur untuk memasukan link ke dalam iklan Anda. Sehingga para calon pembeli ketika mengklik link tersebut, akan langsung diarahkan ke website toko Anda.