Cara menggunakan Google Trends untuk SEO
- google image
Olret – Jika Anda pernah melakukan riset kata kunci, Anda pasti pernah menggunakan Google Trends untuk mengecek minat pada setiap kata kunci. Namun banyak profesional SEO tidak pernah menggunakan potensi penuh dari alat yang berguna ini.
Inilah alasan mengapa kami memutuskan untuk menulis blog di Google Trends, cara menggunakan Google Trends untuk SEO, dan masih banyak lagi. Di sini, kami akan membahas beberapa cara fantastis menggunakan Google Trends untuk membantu SEO dan strategi pemasaran konten Anda. Tapi pertama-tama mari kita cari tahu apa itu Google Trends.
Google Trends adalah alat yang sangat berharga bagi pemasar yang serius. Karena kekuatannya, penting bagi Anda untuk memahami cara menggunakannya dengan benar dan tidak “menemukan tren” yang sebenarnya tidak ada. Di sini, Anda akan mengetahui segalanya tentang Google Trends dan cara menggunakan Google Trends untuk SEO.
Apa itu Google Trends?
Google Trends adalah alat gratis yang menawarkan grafik dan data tentang popularitas istilah pencarian tertentu yang digunakan di YouTube dan Google. Awalnya ditemukan pada tahun 2006 dan versi terbaru dirilis pada Mei 2018. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk:
- Cari tahu apa yang sedang tren saat ini
- Mengidentifikasi topik dan subtopik yang sedang tren dalam tema industri yang menyeluruh
- Identifikasi tren pencarian geografis lokal di wilayah spesifik Anda
- Temukan tren pencarian geografis lokal di wilayah Anda
Cara Menggunakan Google Trends untuk SEO
Riset kata kunci- Anda dapat melakukan riset kata kunci gratis di Google Trends dengan memasukkan istilah pencarian tertentu di kotak pencarian yang ditampilkan di beranda. Secara default, ini menjalankan pencarian kata kunci Google yang paling umum - tetapi Anda dapat mengubahnya untuk menjelajahi data pencarian YouTube.
Google Trends akan menampilkan grafik popularitas istilah pencarian tertentu dibandingkan tahun sebelumnya. Anda juga dapat mengubah jangka waktu dengan menambah rentang tanggal.
Melihat data 2 atau 3 tahun terakhir, dibandingkan hanya satu tahun terakhir, dapat membantu Anda membedakan antara tren asli dan palsu.
Fitur riset kata kunci membantu mengidentifikasi kata kunci yang semakin populer dan menghindari kata kunci yang menjadi kurang populer secara real-time
Menemukan kata kunci terkait
Apa yang membuat Google Trends berbeda adalah kemampuannya untuk merekomendasikan kata kunci terkait yang saat ini semakin populer. Fitur ini sangat berguna karena memungkinkan Anda mengidentifikasi kata kunci yang lebih baik dan relevan berdasarkan topik atau istilah pencarian Anda.
Saat Anda menulis istilah pencarian di beranda, situs tersebut menyarankan daftar kata kunci yang dianggap terkait dengan pencarian Anda.
Google Trends menunjukkan kepada Anda kata kunci ini dalam hal popularitas dan bahkan akan memberi Anda % peningkatan volume pencarian yang tepat untuk setiap kata kunci. Terkadang, % volume pencarian diganti dengan kata, “Breakout.” Ini menandakan bahwa kata kunci telah meningkat lebih dari 5.000%.
cara menggunakan google trend untuk seo
Google Trends ini adalah salah satu tren yang paling signifikan untuk diikuti, karena belum menjadi kompetitif - yang berarti Anda dapat menemukan slot nomor 1 di halaman pencarian Google sebelum kata kunci tersebut menjadi mainstream.
Satu-satunya kelemahan membangun strategi Anda berdasarkan kata kunci “Breakout” adalah bahwa kata kunci tersebut terkadang hanya sekedar iseng saja, bukan tren sebenarnya.
Tidak seperti konten yang selalu hijau, konten yang Anda buat berdasarkan istilah pencarian yang sedang tren ini pada akhirnya mungkin sia-sia.
Menemukan Topik Terkait- Menemukan topik terkait adalah salah satu cara penting menggunakan Google Trends untuk SEO. Selain menggunakan Google Trends untuk mengetahui istilah pencarian terkait, Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengungkap topik terkait untuk konten mendatang.
Daripada memberi Anda istilah penelusuran spesifik, Google Trends akan memberi Anda wawasan tentang topik lebih luas yang dicari orang. Anda masih perlu menyaring kata kunci spesifik untuk setiap topik yang Anda pilih untuk ditulis - namun rekomendasi ini dapat membantu Anda menemukan ide yang sedang tren untuk konten masa depan.
Ada banyak cara menggunakan Google Trends untuk SEO, tetapi jika Anda seorang pemasar konten, berikut adalah beberapa cara penting yang harus Anda perhatikan:
Sekarang, mari kita bahas beberapa tips yang lebih spesifik dalam menggunakan Google Trends untuk meningkatkan strategi SEO Anda.