24 Oktober Peringati Hari Dokter Nasional

Hari Dokter Nasional
Sumber :
  • Gnfi.id

Olret –Peringatan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap jasa para dokter yang telah berperan penting dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Hari Dokter Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 24 Oktober, bersamaan dengan hari jadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Peringatan Hari Dokter Nasional merupakan wujud penghargaan atas dedikasi para dokter sebagai tenaga medis/kesehatan di seluruh pelosok tanah air.

Tahun ini, peringatan Hari Dokter Nasional 2024 mengusung tema “Tangan yang Menyembuhkan, Hati yang Peduli.” Tema ini sangat relevan dengan tantangan kesehatan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, dan menonjolkan empati serta dedikasi dokter dalam menjalankan tugas mereka.

Lalu, bagaimana asal-usul sejarah Hari Dokter Nasional? 

Dikutip dari situs resminya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) adalah organisasi profesi kedokteran di Indonesia. Organisasi ini berafiliasi dengan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI.

IDI memiliki sejarah panjang yang dimulai dari perhimpunan dokter bernama Vereniging Van Indonesische Genesjkundigen (VIG), yang dibentuk pada tahun 1926 dengan tujuan memperjuangkan suara para dokter.

Namun, ketika masa pendudukan Jepang pada tahun 1940, VIG dibubarkan, dan dari situ lahirlah IDI sebagai pengganti perhimpunan tersebut.