Ternyata Psikolog Dengan Psikiater Berbeda Lho! Kenali Keahliannya.

Perbedaan Psikolog dan Psikiater
Sumber :
  • https://www.freepik.com/

Olret – Saat kamu curhat ke seorang teman mengenai masalahmu, dan mendapat saran untuk konsultasi ke ahlinya agar masalahmu cepat selesai. Atau mungkin, kamu memberikan saran seperti ini ke orang lain.

Dalam "konsultasi ke ahlinya" terdapat psikolog dan juga psikiater. Tapi sebenarnya masih bingung kapan kita harus memilih psikolog, dan kapan sebaiknya ke psikiater.

Keduanya sama-sama bisa memberikan bantuan bagi permasalahanmu, tetapi ada cara, mekanisme, dan pendekatan yang berbeda. Ingin tahu seperti apa perbedaannya? Berikut Olret akan ulas untuk kamu ketahui.

Mengenal Ahli Psikolog (Klinis)

Psikolog

Psikolog

Photo :
  • https://www.freepik.com/

Psikolog adalah tenaga ahli yang mendapat gelar Sarjana S1 Psikologi dan Magister Profesi psikolog klinis (gelar M.Psi., Psikolog). Psikologi dalam menangani pasien menggunakan pendektan psikososial, untuk menganalisis dan menangani masalah pasien. Cara pendekatan ini misal dengan berdialog, komunikasi, psikoterapi lewat bicara, menulis, tanya jawab, meditasi dan lainnya.

Umumnya psikolog tidak memberikan penanganan lewat obat-obatan. Tapi bisa merekomendasikan psikiater bilamana dirasa pasien membutuhkan. Psikolog biasanya ditujukan untuk anak dan keluarga, dewasa dan pasangan.