Nestapa Lampu Merah di Kecamatan Tinambung, Terlihat Hanyalah Pajangan

Ilustrasi lampu merah.
Sumber :
  • (Pixabay)

OlretKecamatan Tinambung merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Sebagai orang yang sudah tinggal di daerah ini, tentu banyak yang bisa saya ceritakan terkait kecamatan ini berdasarkan pengalaman yang sudah saya alami. 

Salah satu yang cukup jadi perhatian dari kecamatan ini yakni kondisi lampu merah yang terpasang tepatnya di kelurahan Tinambung, yang sering dilalui kendaraan dari arah Makassar menuju kabupaten Majene, atau sebaliknya. 

Kadang saya dengar ungkapan teman-teman dari luar kecamatan Tinambung, mempertanyakan kenapa lampu merah di kecamatan Tinambung tidak berfungsi atau difungsikan. Bahkan kalau dibandingkan lampu merah di kabupaten Majene, itu hampir semuanya berfungsi. Padahal, kecamatan Tinambung cukup dekat dengan pusat kota Majene karena di situlah perbatasan antar kabupaten. 

Kecamatan Tinambung tidak bisa dikategorikan sebagai kecamatan tertinggal, kalau dibandingkan dengan beberapa kecamatan lain di kabupaten Polewali Mandar, justru kecamatan Tinambung masuk list sebagai kecamatan perkotaan. Apalagi kecamatan ini dilintasi jalur jalan poros penghubung antar kabupaten. 

Makanya, mungkin tidak heran kalau ada orang mempertanyakan kenapa lampu merah di kecamatan ini tidak berfungsi. Kalau dilihat dari mobilitas kendaraan tiap harinya yang lewat, kecamatan ini memang harus difungsikan lampu merahnya. 

Padahal, di kecamatan ini ada lampu merah yang sudah lama berdiri tapi tidak berfungsi sama sekali. Lampu merah di kecamatan Tinambung  benar-benar mati dan seakan sudah kehilangan energi listrik. 

Makanya di tempat ini, saat sore hari sering macet karena mobilitas kendaraan yang tidak beraturan dan berada di perempatan jalan pula. Terlebih lagi kalau bulan puasa, macetnya itu pernah bikin saya geleng-geleng kepala.