Refleksi Hari Sumpah Pemuda : Banyak Persoalan Terjadi Yang Mesti Pemuda-Pemudi Benahi!!

Refleksi Sumpah Pemuda
Sumber :
  • X @Mice Cartoon ID

Olret –Pemuda dan pemudi dalam konteks Sumpah Pemuda adalah para pemuda dan pemudi Indonesia yang berjuang bersama untuk menyatukan bangsa Indonesia. Ini artinya bahwa pemuda masa kini merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa.

Pada era yang serba modern ini, tantangan hidup semakin kompleks dan bervariasi, mulai dari kesulitan ekonomi hingga masalah kesehatan mental dan tekanan sosial. Untuk menjalani kehidupan yang lebih baik di tengah berbagai kesulitan, diperlukan seni atau strategi yang efektif.

Harus disadari bahwa pemuda dan pemudi menjadi harapan dan tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan suatu bangsa dengan ide atau gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Sudah semestinya kita menyadari masih banyaknya peluang dan tantangan yang beragam kedepannya.

Maka sudah sepatutnya pada momentum Hari Sumpah Pemuda perlunya semangat energik pemuda, saatnya pemuda Indonesia menjadi agen perubahan yang membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Melalui kolaborasi dan inovasi teknologi, mari wujudkan kemandirian dalam teknologi, keadilan, keberlanjutan, dan semangat melindungi bangsa kita dari pada oknum-oknum yang ingin menggrogoti bumi pertiwi ini.

Banyak persoalan yang masih perlu dibenahi bersama misalnya :