Daftar Pemain Timnas Indonesia Penjebol Gawang China: Ramang Tersering, Boaz Solossa Terakhir

Boaz Solossa
Sumber :
  • PSSI

Olret VIVA–Sebagian besar media di Indonesia tanpa menyertakan sumber yang kredibel memberitakan, bahwa timnas sepak bola Indonesia pernah 17 kali bertanding melawan China.

Padahal dari data kredibel yang dilansir oleh pundit RSSF (Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation), hanya 10 pertandingan resmi antara timnas Indonesia dengan China.

Bukan skuad resmi timnas Indonesia atau juga timnas China yang pada masa lalu berduel di President`s Cup, Kings Cup, dan Jakarta Trophy. Tapi klub dari kompetisi sepak bola di Indonesia dan China.

Salah klaim berbagai media yang memberitakan Indonesia terakhir kali menang melawan China di tahun 1987 pada ajang Kings Cup di Thailand. 

Karena di Kings Cup 1987 yang tampil mewakili Indonesia adalah tim all star dari kompetisi Galatama. Sedangkan China diwakili oleh klub dari Hubei.

Dari 10 pertemuan resmi timnas China vs Indonesia, lima pertandingan di kualifikasi Piala Dunia, empat lainnya di kualifikasi atau putaran final Piala Asia, satu laga dalam turnamen Merdeka di Malaysia.

Hingga saat ini hanya lima pemain timnas Indonesia yang sanggup menjebol gawang China.