Daur Hidup Kupu-Kupu, Sungguh Indah Proses Makhluk Ciptaan Tuhan

Daur Hidup Kupu-Kupu
Sumber :
  • u-repot

Olret – Masih ingat dengan sebuah lagu yang sempat booming tentang kupu-kupu. "Persahabatan bagai kempompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu". Sekilas lirik lagi tersebut memang syarat makna bagi kehidupan. Tapi pernah kamu mengetahui bagaimana cara daur hidup kupu-kupu?

Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong memiliki siklus hidup holometabola atau metamorfosis sempurna. Siklus hidup kupu-kupu benar-benar menakjubkan. Kupu-kupu memiliki empat tahap kehidupan, telur, larva (ulat), pupa (kepompong), dan kupu-kupu dewasa.

Masing-masing dari empat tahap sangat unik dan berbeda setiap jenis kupu-kupu. Berikut ini daur hidup kupu-kupu, banyak proses tumbuh kembangnya yang bisa kamu jadikan sebagai pelajaran juga dalam hidup ini.

1. Telur Kupu-kupu

Daur hidup kupu-kupu yang pertama adalah dimulai dengan telur kupu-kupu. Tahap telur biasanya berlangsung 3-7 hari. tetapi setiap jenis dan spesies kupu-kupu sedikit bervariasi. Bahkan beberapa spesies kupu-kupu menjadikan dirinya kembali sebagai telur ketika musim dingin. Dia juga menjalani diapause untuk bertahan hidup selama berbulan-bulan di musim dingin.

Telur kupu-kupu sangat kecil. Ukuran sebenarnya bervariasi antar spesies tetapi kamu dapat mengharapkan telur berdiameter sekitar 1-3 mm (seperti pinhead atau lebih kecil). Telur sebenarnya sangat bervariasi dalam bentuk dan warna tetapi kamu tidak akan melihat banyak variasi tanpa alat.

Perlu diketahui, bahwa kupu-kupu tidak bertelur sembarangan. Kupu-kupu akan berterlur di tempat dia banyak menemukan makanan demi kelangsungan hidupnya. Setiap spesies kupu-kupu hanya memiliki beberapa jenis tanaman yang akan memberikan nutrisi yang tepat untuk ulat (larva) tertentu sehingga di situlah akan bertelur.