Amalan Segunung Hancur Karena Riya, Begini Fakta dan Buktinya

Bahaya Sifat Riya
Sumber :
  • instagram

OlretRiya' atau dalam istilah yang lebih sederhana adalah beribadah karena ingin dipuji orang. Inilah penyakit yang menimpa orang-orang beriman. Penyakit yang sangat berbahaya bagi orang-orang yang beriman, bahkan lebih berbahaya dari Dajjal.

Rasulullah ﷺ bersabda,

“Maukah aku kabarkan kepada kalian sesuatu yang lebih tersembunyi di sisiku atas kalian daripada Masih ad Dajjal?” Dia berkata,”Kami mau,” maka Rasulullah berkata, yaitu syirkul khafi; yaitu seseorang shalat, lalu menghiasi (memperindah) shalatnya, karena ada orang yang memperhatikan shalatnya”. [HR Ibnu Majah, no. 4204, dari hadits Abu Sa’id al Khudri. Hadits ini hasan-Shahih at Targhib wat Tarhib, no. 30]

Mengapa demikian? Karena Riya' adalah penyakit khusus dan hanya menyerang hati orang-orang beriman terutama yang memiliki banyak amalan.

Ia sangat rentan terkena Riya'. Adapun Dajjal, hanya akan menghasut orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Adapun orang beriman in...sya Allah akan selamat darinya. Riya' juga membuat amalan segunung menjadi hancur, bahkan seorang yang mati di medan perang gagal memasuki surga karena Riya'.