5 Amalan Baik di Hari Jum'at Untuk Orang Mu'min

Jum'at
Sumber :
  • Artikula.id

OlretHari Jum'at merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Untuk itu, dianjurkan bagi umat Islam melakukan empat amalan terbaik ini di hari jumat karena banyak banyak kemuliaan dan keberkahan yang Allah SWT limpahkan.

Di dalam agama Islam, hari Jum'at memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki  hari-hari  lainnya. Allah SWT memberikan pahala yang berlipat-lipat bagi umatNya yang melakukan kebajikan dan amal ibadah. Pahala yang berlipat juga akan diberikan bagi mereka yang melakukan  ibadah sunnah di hari tersebut.

Berikut adalah 5 amalan terbaik yang bisa dilakukan di hari Jumat untuk meningkatkan keberkahan dilansir dari berbagai sumber :

1. Shalat Jum'at

Salah satu amalan utama pada hari Jumat adalah menunaikan Shalat Jumat. Shalat Jumat adalah shalat berjamaah yang diadakan setiap Jumat di masjid atau tempat ibadah yang memadai. Partisipasi dalam Shalat Jumat tidak hanya memperkuat hubungan dengan Allah, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan dalam komunitas Muslim.

2. Memperbanyak Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An Nasa-i).