Trending di Twitter, 3 Pelajaran yang Bisa Diambil dari SM Entertainment, SHINee, dan Shawol

Hal yang bisa dipelajari dari SM Entertainment, SHINee, dan Shawol
Sumber :
  • Twitter/cha080525

Olret – Tagar SM, SHINee, dan Shawol mengisi barisan trending di Twitter sejak 30 April 2023. Protes keras fans SHINee ini terjadi lantaran SM Entertainment yang memberi venue dan seat plan yang sangat tidak nyaman saat fanmeeting SHINee di 27 Mei mendatang.

Menurut Shawol, ini bukanlah kali pertama SM Entertainment melakukan manajemen yang buruk bagi artisnya, tetapi mereka menilai ini adalah yang terburuk. Sehingga merasa tidak bisa tinggal diam dan harus membela idola mereka.

Berikut beberapa pelajaran yang bisa diambil dari pemboikotan yang direncanakan Shawol jika SM Entertainment tetap tidak mengganti venue dan memenuhi hak mereka sebagai pelanggan.

1. Kehilangan kepercayaan

Meskipun bergelut di dunia hiburan, tetapi industri ini juga menjalankan dan berbasis pada bisnis. Dalam sebuah bisnis, kepercayaan dan loyalitas pelanggan adalah hal krusial yang harus dijaga.

Sehingga, bila kamu tidak berbenah dalam meningkatkan pelayanan, maka tidak menutup kemungkinan protes pelanggan akan membuat citramu menjadi buruk dan kehilangan kepercayaan.

Sebagai tambahan informasi, menurut akun Twitter @muguet0801, SM Entertainment menyewa gedung dengan harga murah ($19000) tanpa memperhatikan tata letak panggung maupun kursi penonton.

Namun, dengan fasilitas yang buruk ini mereka mendapat keuntungan besar dari penjualan tiket ($740.000). Sehingga, tak heran bila harga tiket yang tak sebanding dengan fasilitas dan kenyamanan yang didapat membuat Shawol protes begitu keras.

2. Sabar Ada Batasnya

Menurut Twitter @kpopstarz, Shawol adalah fandom KPop paling sabar dan kalem. sehingga, marah dan protes mereka kali ini tentu membuat banyak pihak terkejut karena Shawol tidak pernah melakukan hal ini selama 15 tahun.

Sehingga, jangan berpikir untuk terus membodohi orang sabar. Jika kamu tidak berbenah dan terus melakukan kesalahan yang sama, maka semua itu akan menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja.

Tak heran bila jenuh dan lelah secara psikis sering dialami mereka yang memiliki interaksi dalam jangka waktu yang lama.

3. Loyalitas

Bersama selama 15 tahun membuat Shawol dikenal sangat loyal pada SHINee. Hal ini karena SHINee tidak pernah menganggap Shawol sebagai fans, melainkan bagian dari hidup mereka.

Menurut akun Instagram Onew, ia masih menyimpan dan memakai surat serta hadiah pemberian fans selama bertahun-tahun. Taemin, Key, dan Minho juga tak pernah absen untuk membuat Shawol nyaman di saat-saat sulit.

Sehingga, menjaga sikap dan tutur kata terbukti ampuh membuatmu bisa dicintai dalam waktu yang lama. Selain itu, loyalitas dari orang lain akan datang padamu secara naluriah dan sukarela, bahkan oleh mereka yang tidak kamu kenal.

Demikian 3 pelajaran yang bisa diambil dari SM, SHINee, dan Shawol yang menjadi trending di Twitter hari ini.