7 Rekomendasi HP Snapdragon 8 Gen 3, Samsung Hingga Xiaomi

Ponsel Snapdragon 8 Gen 3
Sumber :
  • Youtube

Olret – Seri Snapdragon 8 terus menjadi yang terdepan dalam hal ponsel andalan Android kelas atas, meskipun semakin banyak perangkat yang memilih alternatif dibandingkan sebelumnya, seperti langkah Google menuju Tensor.

Nikmati Perangkat Lunak Baru Dengan Asisten Galaxy AI yang Tangguh

Bahkan Samsung mengambil langkah mundur, kembali merangkul Exynos untuk model internasional Galaxy S24. Meskipun demikian, jika Anda mencari salah satu ponsel Android terbaik tahun 2024, Anda sebaiknya mempertimbangkan ponsel dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 3.

1. Samsung Galaxy S24 series

Samsung Galaxy S24 Ultra

Photo :
  • samsung
Mendampingi Samsung Galaxy Z Fold 6 Setelah Hampir 1 Bulan

Keluarga Samsung Galaxy S24 menawarkan beberapa spesifikasi dan kinerja terbaik yang akan Anda temukan di dunia seluler, meskipun perlu dicatat bahwa mereka yang berada di luar AS hanya akan mendapatkan SoC Snapdragon 8 Gen 3 jika Anda membeli model Ultra.

Galaxy S24 dan S24 Plus dikirimkan dengan Exynos 2400 sebagai gantinya. Meskipun ada banyak peningkatan spesifikasi, di luar SoC, yang paling menonjol kali ini adalah dorongannya menuju AI.

Samsung Galaxy S24 FE Muncul di Geekbench Dengan chip Exynos 2400e

Galaxy AI Suite baru memperkenalkan fitur seperti Photo Assist, yang memungkinkan Anda mengedit gangguan latar belakang dan membuat perubahan lain pada gambar dengan cara yang mirip dengan Magic Editor Google.

Ada juga fungsi Chat Assistant di Samsung Keyboard yang membaca dan membersihkan pesan saat Anda mengetik, atau bahkan menawarkan tip untuk nada berbeda atau cara yang lebih baik untuk mengekspresikan diri.

Itu masih jauh dari daftar lengkap karena ada juga fungsi Note Assistant baru, Circle to Search yang berfungsi seperti Google Lens, dan banyak lagi.

Seri Galaxy S24 juga meningkatkan standar dalam hal kebijakan pembaruan perangkat lunak dengan memenuhi janji Google yang mengesankan untuk menyediakan pembaruan OS dan perbaikan keamanan selama tujuh tahun.

2. OnePlus 12

OnePlus 12

Photo :
  • OnePlus

OnePlus 12 bukanlah perubahan besar dari OnePlus 11, terutama dalam hal desain. Meskipun tampilan luarnya mungkin tidak jauh berbeda, OnePlus 12 telah meningkatkan daya tahan, layar yang sedikit lebih besar, dan tentu saja SoC Snapdragon 8 Gen 3 yang bertenaga dengan RAM hingga 16 GB.

Perlu juga dicatat bahwa pengaturan pendinginan Dual Cryo-Velocity pada OnePlus 12 berarti ponsel ini tidak menjadi panas saat beban berat, menjadikannya teman yang baik untuk bermain game bagi mereka yang peduli dengan game seluler tetapi tidak cukup berinvestasi pada sesuatu seperti Asus ROG. Telepon 8.

Mereka yang peduli dengan masa pakai baterai yang lama juga akan senang mengetahui baterainya telah meningkat dari 4.820mAh menjadi 5.400mAh tahun ini.

Sayangnya, tidak semuanya sempurna. OnePlus 12 mengabaikan IP68 dan mendukung perlindungan IP65, yang berarti aman dari pancaran air dari semua sisi.

OnePlus juga belum menerapkan AI seperti yang dilakukan pembuat ponsel cerdas lainnya, meskipun beberapa di antaranya dapat diatasi dalam pembaruan perangkat lunak di masa mendatang.

3. Asus Zenfone 11 Ultra

ASUS ZenFone 11 Ultra

Photo :
  • Youtube

Asus Zenfone 11 Ultra adalah perangkat yang sangat berbeda dari Zenfone 10. Lebih besar dari sebelumnya dengan layar 6,78 inci yang lebih besar dan masih banyak peningkatan lainnya, termasuk SoC Snapdragon 8 Gen 3.

Ada banyak kesamaan antara ROG Phone 8 dan model baru ini, meskipun fokus gamenya lebih sedikit dan desain sandwich kacanya lebih tradisional. Perubahan besar lainnya adalah masa pakai baterai, yang melonjak dari 4.300mAh menjadi 5.500mAh.

Ini bahkan lebih besar dari OnePlus 12, menjadikannya pilihan bagus bagi mereka yang peduli dengan game tetapi tidak menginginkan ponsel gaming yang sebenarnya.

Sementara OnePlus hampir tidak melakukan upaya apa pun pada fitur AI dengan OnePlus 12, Asus berada di tengah-tengah. Ada Transkrip AI untuk mengubah audio perekam menjadi teks, AI Call Translator untuk terjemahan waktu nyata, dan fitur lain seperti peredam bising AI.

Bukan hanya dorongan yang lebih besar terhadap kecerdasan buatan, Zenfone 11 Ultra juga menyertakan beberapa peningkatan perangkat lunak baru seperti opsi penyesuaian baru.

4. Asus ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8

Photo :
  • viva.co.id

ROG Phone 8 merupakan perubahan besar dari ROG Phone 7, menawarkan desain baru yang tidak terlalu agresif dibandingkan sebelumnya. Hasilnya adalah ponsel yang masih dirancang sempurna untuk bermain game namun dengan tampilan yang lebih tertutup sehingga dapat menarik pelanggan yang mencari sesuatu yang berbeda dari ponsel andalan mainstream namun kurang terkesan dengan estetika gaming pada umumnya. 

Di dalamnya, Anda akan menemukan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 dan RAM hingga 24GB, di samping banyak peningkatan berarti lainnya. Anda juga akan mendapatkan ketahanan air dan debu IP68 untuk pertama kalinya, produk sampingan dari struktur desain tertutup yang baru.

Meskipun ROG Phone 8 memiliki daya tarik yang jauh lebih luas dibandingkan pendahulunya, ROG Phone 8 juga menghilangkan beberapa fitur yang sebelumnya terkenal termasuk tampilan mencolok, kipas pendingin yang lebih besar dan bertenaga, serta speaker depan menakjubkan yang ditemukan di setiap ROG Phone lainnya hingga saat ini.

5. Xiaomi 14

Xiaomi 14 tidak tersedia di Amerika, tetapi ini adalah salah satu ponsel andalan berbiaya rendah terbaik di pasar tertentu di Eropa dan Asia. Xiaomi 14 dan 14 Pro keduanya menyertakan prosesor Snapdragon 8 Gen 8 dengan RAM hingga 16GB dan opsi penyimpanan hingga 1TB.

Pengalaman kameranya juga cukup mirip, meskipun Pro memiliki aperture variabel yang ditingkatkan yaitu f/1.42 – f/4.

Xiaomi belum serta merta membuat gebrakan besar dengan keluarga Xiaomi 14. Tidak ada peningkatan AI yang besar, namun keseluruhan paket ini merupakan langkah maju yang solid dibandingkan tahun lalu. Jika Anda mencari ponsel tangguh tanpa menghabiskan banyak uang, seri Xiaomi 14 layak untuk dicoba.

6. Samsung Galaxy Z Fold 6

Samsung Galaxy Z Fold 6

Photo :
  • google image

Samsung Galaxy Z Fold 6 mungkin belum resmi, namun dikabarkan akan tiba sekitar musim panas ini di acara Galaxy Unpacked. Itu semua mengingat bahwa Fold 6 akan menampilkan SoC Snapdragon 8 Gen 3.

Selain itu, rumor menyebutkan model baru ini akan menawarkan kamera yang lebih baik dan kemungkinan varian baru termasuk varian Ultra dan anggaran. Rumor lain mengklaim kita mungkin melihat kamera 50MP yang ditingkatkan, yang dipinjam dari Galaxy S24. Selain itu, kita mungkin melihat lonjakan baterai dari 4.400mAh menjadi 4.600mAh.

7. Samsung Galaxy Z Flip 6

Samsung Galaxy Z Flip 6

Photo :
  • Youtube

Satu lagi perangkat bertenaga Snapdragon 8 Gen 3 mendatang yang memiliki layar yang dapat dilipat. Galaxy Z Flip 6 diharapkan menjadi pembaruan yang relatif berulang dengan bodi yang sedikit lebih tebal dan baterai 4.000mAh yang lebih besar.

Ada juga rumor bahwa mungkin ada varian Flip 6 yang lebih terjangkau, mirip dengan rumor seputar varian Fold 6 baru. Tidak banyak lagi yang diketahui meskipun beberapa rumor menunjukkan bahwa Flip 6 juga sedang bereksperimen dengan potensi peningkatan sensor 50MP.