Aman Berselancar di Platform Digital

Pantau anak bersosial media
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Teknologi informasi digital telah mengalami perkembangan pesat dan menciptakan perubahan mendasar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Mulai dari komunikasi, pendidikan, ekonomi, hingga pemerintahan, semua sektor kini bergantung pada sistem digital untuk mempermudah dan mempercepat proses.

Menginspirasi Lewat Literasi, Irwan Bajang: Literasi Tak Sekedar Baca Buku

Berkembangnya internet telah membawa banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan, misalnya: kecerdasan buatan, komputasi awan, serta teknologi berbasis perangkat pintar telah membentuk era baru yang memungkinkan interaksi yang lebih dinamis dan terintegrasi antara manusia dan mesin.

Teknologi ini telah membuka akses yang lebih luas ke informasi dan layanan, memberikan peluang yang lebih besar untuk inovasi dan efisiensi, serta menghubungkan masyarakat global dengan cara yang sebelumnya tak terbayangkan.

19 Negara Yang Melarang Aplikasi Tiktok, Diduga Keamanan dan Privasi Bermasalah

Kemajuan teknologi internet memudahkan berbagai hal mulai dari berbagi informasi hingga proses penjualan barang atau jasa melalui berbagai macam aplikasi. Namun demikian, terdapat oknum-oknum yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan melakukan kejahatan siber/kejahatan digital. Berbelanja berani rentan menjadi pelaku kejahatan digital karena aktivitas ini memiliki beragam celah yang bisa dimanfaatkan, terutama dengan memanfaatkan kelengahan pengguna teknologi digital.

Namun, dalam perkembangan kemajuan tersebut, terdapat permasalahan krusial yang tidak dapat diabaikan, terutama terkait etika dan keamanan dalam teknologi informasi digital. Transformasi digital ini, meskipun membawa manfaat yang signifikan, juga membuka celah bagi risiko yang lebih besar, seperti pelanggaran privasi, mencakup data, serta ancaman siber yang semakin kompleks (Zostant & Chataut, 2023). 

Apakah Android Lebih Baik Dari iPhone dan iOS? Intip Penilaian Fitur Dan Spesifikasinya

Penggunaan data pribadi dalam skala besar oleh perusahaan-perusahaan teknologi dan lembaga pemerintah menimbulkan kekhawatiran mengenai bagaimana data tersebut dikelola, disimpan, dan dilindungi.

Strategi Keamanan dalam Teknologi Informasi Digital

Halaman Selanjutnya
img_title