Mengenal 3 Jenis Mode Fokus Pada Kamera, Penting Bagi Fotografer Pemula

Metode fokus kamera
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Bagi Anda fotografer pemula atau baru saja tertarik dengan dunia fotografi, banyak teknik-teknik pengambilan gambar agar menjadikan hasil foto Anda menjadi lebih epik. Langkah awal yang sederhana adalah mulailah dengan mempelajari beberapa metode fokus pada kamera. Berikut Olret akan mengulas berbagai macam fungsi dari metode fokus kamera, yang akan menambah pengalaman Anda sebagai fotografer pemula.

1. Metode Autofocus (AF)

Samsung Galaxy A55 dan Galaxy A35 : Kamera Bagus dan Baterai Tahan Lama

Autofocus kamera

Photo :
  • freepik.com

Autofocus (AF) adalah fungsi kamera untuk otomatis memfokuskan pada subjek. Sebagian besar kamera digital umumnya memiliki fungsi ini. Ada berbagai metode AF, dan metode yang tersedia berbeda, tergantung pada model kamera Anda. Gunakan metode yang berbeda tergantung pada fungsi atau subjek yang ingin Anda ambil gambarnya. Pada mode pengambilan gambar otomatis seperti "Intelligent Auto" atau "Pemilihan Adegan", mode AF sudah tetap dan tidak bisa diubah.

Macam metode autofocus 

Spesifikasi Realme 12 5G dan Realme 12+ 5G, Cocok Untuk yang Suka Traveling

Bagian ini menjelaskan metode kamera seri a. Dua metode utama AF adalah AF-s dan AF-c, dan keduanya memiliki operasi fokus yang berbeda setelah tombol shutter setengah ditekan. Berikut fungsi dari masing-masing pengoperasiannya:

  • Metode AF-S (single-shot AF)Autofocus beroperasi saat tombol shutter setengah ditekan. Setelah subjek berada dalam fokus, fokus dikunci. Ini cocok untuk mengambil gambar subjek tidak bergetak seperti lanskap atau jepretan kilat.
Halaman Selanjutnya
img_title