Samsung Galaxy A50 : Kamera, Baterai Hingga Harga

Samsung Galaxy A50
Sumber :
  • Youtube

OlretSamsung Galaxy A50 memiliki layar Super AMOLED Full HD+ 6,4 inci pada Galaxy A50 jelas merupakan salah satu daya tarik ponsel ini. Tampilannya benar-benar fantastis dan membuat menonton konten multimedia menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A51, Harganya Semakin Murah

Dengan dukungan Widevine L1 DRM, ponsel ini mampu melakukan streaming konten HD dari Netflix. Layarnya cerah hingga tampak sedikit jenuh. Ada opsi dalam menu pengaturan untuk mengubahnya sesuai selera Anda. Karena layar Super AMOLED, tingkat hitamnya juga cukup dalam.

Sudut pandang pada Galaxy A50 sangat bagus dan ponsel ini berfungsi dengan nyaman di luar ruangan. Kecerahan layar lebih dari sekadar mengimbangi sinar matahari langsung. Ponsel ini dilengkapi dengan opsi untuk mengaktifkan mode tampilan selalu aktif untuk notifikasi yang sangat bagus karena tidak ada LED notifikasi khusus di sini.

Hardware Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A51: Layar Bagus Tapi Performa Buruk?

Samsung Galaxy A50

Photo :
  • Youtube

Samusng Galaxy A50 ditenagai oleh chipset Exynos 9610, yang belum pernah terlihat di ponsel Galaxy mana pun. Dibangun pada proses fabrikasi 10nm, chipset ini menggunakan arsitektur octa-core big.LITTLE.

Perbandingan Spesifikasi Google Pixel 5a vs Samsung Galaxy A52 5G

Empat core Cortex A73 yang memiliki clock 2,3GHz cukup kuat untuk hampir semua hal yang Anda gunakan pada ponsel, sedangkan empat core efisiensi Cortex A53 yang memiliki clock 1,6GHz memastikan ponsel menyedot daya saat tidak melakukan aktivitas intensif. Ada GPU Mali G72 MP3 yang menangani urusan grafis.

Ponsel ini dikirimkan dengan RAM 4GB atau 6GB tergantung varian yang Anda pilih. Kedua varian memiliki penyimpanan 64GB yang tentunya agak aneh.

Performa baterai Samsung Galaxy A50 sesuai dengan apa yang Anda harapkan dari ponsel dengan baterai 4.000mAh. Ponsel ini dapat bertahan seharian penuh dengan penggunaan sedang dan memiliki sisa daya yang cukup untuk setengah hari berikutnya juga.

Bahkan dengan penggunaan game yang berat, ponsel ini menghabiskan daya dan Anda seharusnya dapat menggunakannya seharian penuh dengan mudah. Ponsel ini mendukung pengisian cepat 15 watt.

Performa Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A50

Photo :
  • Youtube

Exynos 9610 memastikan kegunaan sehari-hari adalah yang terbaik di Galaxy A50. Baik itu navigasi di sekitar antarmuka, animasi, gerakan, atau aplikasi apa pun yang Anda gunakan di ponsel, klipnya tetap stabil.

Samsung melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengoptimalkan perangkat lunak untuk perangkat keras dan menggunakan telepon terasa luar biasa. Di luar kotak, animasi antarmuka agak berlebihan, tetapi mematikannya mudah (dan sangat disarankan).

Bagian GPU ditenagai oleh Mali G72 MP3 yang menurut kami memuaskan. Tes yang paling jelas adalah dengan mengujinya melalui game smartphone paling populer. Ponsel ini mempertahankan frame rate yang stabil di PUBG dengan pengaturan pada mode Ultra.

Software Samsung Galaxy A50

Berbeda dengan smartphone seri Galaxy M, Galaxy A50 langsung menjalankan Android Pie. Tak hanya itu, ponsel ini juga memiliki antarmuka berbasis One UI yang hampir sama persis dengan yang Anda dapatkan di Galaxy S10.

Perangkat lunak ini lugas dan mudah digunakan, dengan banyak sekali pilihan untuk menyesuaikannya sesuai keinginan. Dari opsi untuk menampilkan konten pada tampilan selalu hingga mematikan animasi sama sekali, juga dapat beralih antara navigasi berbasis tombol dan gerakan. Jika memilihnya, ada opsi untuk membangunkan Bixby menggunakan tombol daya.

Selama pengaturan awal, ponsel ini memungkinkan menginstal berbagai macam aplikasi Samsung, yang merupakan cara yang jauh lebih baik untuk melakukan orientasi pengguna daripada membebani perangkat lunak ponsel.

Namun, meskipun Galaxy A50 tidak dilengkapi dengan banyak aplikasi, bukan berarti Galaxy A50 sepenuhnya bebas dari rasa bersalah. Aplikasi My Galaxy mengirimkan beberapa notifikasi setiap hari. Aplikasi seperti Daily Hunt dan rangkaian aplikasi Microsoft tidak dapat dihapus instalasinya.

Samsung telah mengeluarkan pembaruan yang membawa ponsel ke versi keamanan Desember 2019. Fitur lainnya termasuk peningkatan stabilitas, kemampuan untuk mengambil tangkapan layar yang bergulir.

Kamera Samsung Galaxy A50

Samsung meningkatkan permainannya dalam hal kamera. Saya sangat tertarik dengan penggunaan lensa sudut lebar karena lensa ini memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam fotografi.

Susunan kamera pada Galaxy A50 menggunakan kombinasi kamera utama 25MP yang dipadukan dengan lensa wide-angle 8MP serta depth sensor 5MP. Kamera depannya juga memiliki sensor 25MP.

Kamera di Samsung Galaxy A50 cukup bagus untuk para pecandu media sosial. Selama pencahayaannya bagus, kamera dapat menangkap beberapa gambar yang bagus.

Kamera utama memiliki kecenderungan untuk melakukan pencahayaan berlebih, yang menyebabkan pemandangan tampak lebih terang daripada aslinya. Sakelar sakelar cepat memungkinkan Anda berpindah ke lensa sudut lebar. Anda dapat melihat perbedaan eksposur antara kedua bidikan tersebut.

Kamera depan 25MP menghasilkan gambar yang terlihat bagus di layar tetapi sekali lagi kurang detail pada level rendah. Dibandingkan dengan Redmi Note 7 Pro dan kamera 48MP berkemampuan pixel-binning, Samsung Galaxy A50 tidak berfungsi dengan baik, namun tetap merupakan ponsel serbaguna yang dapat menghasilkan gambar bagus asalkan ada cukup cahaya.

Dengan pembaruan perangkat lunak berturut-turut, Samsung secara konsisten meningkatkan kinerja pencitraan pada A50 dan masih mampu bertahan dalam persaingan.

Harga Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A50 tersedia dalam dua varian dengan satu-satunya perbedaan di antara keduanya adalah jumlah RAM yang terpasang.

Varian RAM 4GB dibanderol dengan harga Rp. 3.339.000  sedangkan versi RAM 6GB tersedia dengan harga Rp. 3.936.000

Penyimpanan pada kedua varian sama yaitu 64GB, sebuah langkah yang cukup membingungkan. Perangkat ini dijual di Flipkart, toko online milik Samsung, serta di toko offline.