Dinilai Tak Adil, Ini Perbedaan Treatment Promosi Jungkook Dibanding Anggota BTS yang lain

Jungkook BTS
Sumber :
  • Instagram/jungkook

Olret – Jungkok BTS baru saja debut sebagai solois pada 14 Juli 2023 dengan solo digital single bertajuk 'Seven'. Lagu ini pun menorah banyak prestasi mengesankan di kancah music dunia. Hal ini tak lepas dari promosinya yang dinilai baik.

Drama BTS Universe Begins Youth Tayang Perdana

Hal ini terlihat dari sebuah postingan yang dilansir melalui Instagram @pannacafe pada Minggu, (23/7/2023), seorang anonim merincikan perbedaan promosi solo Jungkook dengan promosi BTS.

Dalam keterangan yang dimuat dalam sebuah tabel tersebut, terlihat debut solo Jungkook dilakukan mulai dari Pre-order iTunes 2 minggu sebelum rilis, promosi udara radio AS, promosi radio Inggris, Add-up Spotify (kode terpisah), promosi platform online (BTS Proof memiliki Spotify dan MelOn dan semua solo lainnya selain SEVEN hanya memiliki MelOn).

FRI(END)S milik V BTS Menempati Posisi No. 1 di Video Musik Top Global YouTub

Padahal, anggota BTS yang lain seperti lagu ‘Indigo’ milik RM baru ditambahkan ke playlist Bangtan di Spotify setelah 46 hari pasca perilisan, sementara ‘FACE’ ditambahkan 6 hari setelah dirilis.

Hal ini dinilai tidak adil di saat promosi untuk semua album ditambahkan di hari perilisan, memasang poster iklan di seluruh dunia sebelum lagu dirilis, lalu melakukan promosi comeback di Amerika, serta jumlah pihak streaming dari akun resmi.

V BTS Memukau Untuk Single FRI(END)S

Melihat perbedaan cara promosi ini pun membuat para netizen pun memberikan komentarnya.

“Sebagai penggemar grup lain, aku merasa orang-orang menjadi gila hanya karena solo Jungkook memberikan hasil yang sangat baik secara digital maupun reaksi publik.”

Halaman Selanjutnya
img_title