Dipimpin Oleh BTS dan SHINee, Ini 10 Artis Kpop Paling Berpengaruh di 2023

BTS dan SHINee
Sumber :
  • Soompi

Olret – Forbes Korea telah merilis 10 grup KPop paling berpengaruh di 2023. Penilaian ini dilihat berdasarkan jumlah pelanggan dan pengikut YouTube, Instagram, TikTok, dll. Pengaruh seorang bintang juga bisa dilihat dari antusiasme audiens ketika ia muncul di media sosial seperti TikTok dan Thread.

Mahasiswi Ini Rayakan Momen Wisuda Tanpa Dihadiri Orang Tua, Ada Kisah Haru Dibaliknya

Survey ini pun digelar Korea mulai 26 Juli hingga 9 Agustus, dan terkumpul  sekitar 19,2 ribu peserta dari 105 negara, dimana mayoritas suara berasal dari Filipina, Taiwan, Indonesia dan Jepang.

Selama pemungutan suara, ada 23 artis top Korea yang dinominasikan dari generasi kedua hingga grup generasi keempat.

Drama BTS Universe Begins Youth Tayang Perdana

Hasil ini pun dipimpin oleh BTS dengan 10.227 suara. Forbes pun mencatat subscribers YouTube-nya "BANGTANTV" telah melebihi 10 juta pelanggan di awal 2018 dan lebih dari 76,1 juta di tahun 2023. Selain itu, akun Instagram resmi BTS memiliki 73,86 juta pengikut.

Dengan hasil ini, BTS pun jelas menunjukkan keunggulannya dengan mengantongi lebih dari 50% suara selama voting berlangsung.

Bikin Haru! Wanita Ini Pinjamkan Toga ke Kakaknya yang Lulusan SMP saat Wisuda

Kemudian di posisi kedua ada "Princes of K-pop", SHINee. Grup generasi kedua ini membuktikan eksistensinya yang tak lekang oleh waktu dengan perolehan total 19,79% suara.

SHINee baru saja comeback dengan full album ke-8 "HARD" di bulan Juni. Onew, Key, Minho, dan Taemin pun menunjukkan pengaruh di SNS dengan visual, merk iklan, humor, dan dan dance challenge di aplikasi TikTok yang mengesankan.

Halaman Selanjutnya
img_title