12 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Batu Ginjal

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan
Sumber :
  • freepik.com

Jakarta, Olret – Manfaat jeruk nipis untuk kulit, rambut, dan kesehatan sering dibahas dalam ilmiah. Sementara banyak yang menganggap jeruk nipis sebagai hiasan atau penyedap rasa, mereka memiliki nilai gizi yang melimpah.

Jeruk nipis mengandung 88% air, 35% vitamin C, 10% karbohidrat, dan kurang dari 1% protein dan lemak. Mereka memiliki banyak manfaat potensial termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta mencegah batu ginjal.

5 Cara Mengontrol Pola Makan Tanpa Mengganggu Kesehatan

Yuk simak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

1. Sumber Antioksidan

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Photo :
  • freepik.com
Menurut Penelitian Onani Dapat Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Jeruk nipis kaya akan zat yang digunakan tubuh Anda secara aktif sebagai antioksidan, seperti limonoid, flavonoid, asam askorbat, kaempferol, dan quercetin (18).

Ini adalah senyawa yang menjaga sel Anda dari cedera dari molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Tubuh Anda biasanya menghasilkan radikal bebas ini, dan jika kadarnya terlalu tinggi, mereka dapat menyebabkan stres oksidatif.

Penyakit jantung, kanker, dan penyakit saraf hanyalah beberapa dari penyakit kronis yang terkait dengan stres oksidatif.

2. Anti peradangan

Banyak buah jeruk seperti jeruk nipis memiliki zat tumbuhan dengan sifat antiinflamasi dan antibakteri yang diakui. Dengan demikian, ini membantu penyembuhan luka lebih cepat dengan menurunkan peradangan dan meningkatkan pembentukan kolagen.

Sebuah studi ilmiah bahkan membuktikan sifat antibakteri dan anti-inflamasi ekstranet kulit jeruk nipis pada tikus albino. Jadi, makan kulit jeruk nipis bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
img_title
Bagaimana Cara Menggunakan Madu pada Wajah?