Tutorial Lengkap Liburan Keluarga Ke Karimun Jawa ala Backpacker

Backpackeran' dari Jakarta ke Karimunjawa
Sumber :
  • viva/Idris Hasibuan

Olret - Karimun Jawa adalah sebuah pulau yang secara geografis berada di bagian utara provinsi Jawa tengah, namun secara administratif kepulauan ini masih menjadi bagian wilayah Kabupaten Jepara. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Karimun Jawa memiliki keindahan yang mengagumkan. Hampir 99% tempat wisata di Karimun Jawa menawarkan destinasi pantai dan pulau-pulau yang tak kalah cantiknya seperti Maldives. Maka tak heran sebagian orang menjuluki Karimun Jawa sebagai Maldives van Java.

5 Fakta Menarik Jump Kananat Yansuko di You're My Sky The Series

Kali ini saya selaku tim Olret, akan menceritakan pengalaman saya beserta keluarga, yang beberapa bulan lalu tepatnya bulan Juli 2023 berlibur ke Karimun Jawa. Sebenarnya ini adalah pengalaman pertama kami berkunjung ke sana. Karena banyak teman-teman dan para warganet yang meminta saya untuk spill budget dan info bagaimana cara ke Karimun Jawa, maka saya akan ulas tuntas tutorial berlibur ke Karimun Jawa beserta keluarga dan pastinya budget ala backpacker.

1. Planing Jauh Hari Sebelum Berangkat Liburan

Bukit Love Karimunjawa

Photo :
  • Viva/Idris Hasibuan
Karena Beras Dan Cabe Tak Bisa Di Beli Dengan Cinta, Jadi Bekerja Keraslah Untuk Keluarga

Karena kerinduan terhadap pantai, tiba-tiba terpikirlah untuk kami mencoba destinasi ke Karimun Jawa. Kami merencanakan liburan dari 2 bulan sebelumnya, cukup lama memang, karena kami mencari jadwal yang pas untuk cuti bekerja. Selain itu kami juga perlu mencari tahu mengenai transportasi ke sana dan juga bagaimana agar kita tidak zonk, mengingat ini adalah perjalanan pertama kami ke Karimun Jawa dengan membawa anak berumur 3 tahun.

Ada dua pilihan untuk menuju ke sana; bisa menggunakan jasa agen travel atau mau ngebolang sendiri ala backpacker. Kami perlu mencari tahu cara keduanya, plus-minusnya dan yang pasti pilihan mana yang nyaman bagi kami. Untuk menggunakan jasa agen travel terdapat paket pilihan, yaitu paket open trip dan paket private trip keluarga.

Pilihan Open Trip atau Private Trip Keluarga

3 Fakta First Thammarat Janngam, Pemeran Pete di You're My Sky The Series

Pasir putih Sunset Beach

Photo :
  • Idris Hasibuan

Baik open trip maupun private trip keluarga, keduanya sama-sama meeting point di Pelabuhan Kartini Jepara, artinya transportasi dari daerah asal menuju Pelabuhan Kartini Jepara tidak termasuk jasa agen travel. Transportasi yang termasuk jasa agen travel hanya tiket kapal penyebrangan Jepara - Karimun Jawa PP dan transportasi darat selama di Karimun Jawa.

Bagi yang memilih open trip, untuk jumlah hari berlibur mulai dari 2D1N (2 days, 1 night) dan 3D2N (3 days, 2 night). Penginapan paket open trip ini bersifat sharing room, jadi beberapa orang peserta akan digabung dalam satu penginapan, tentu saja pilihan ini dapat menghemat budget. Dan untuk kegiatan destinasi open trip selama di sana, mengikuti itinerary dari agen travel. Harga open trip yang ditawarkan mulai dari Rp.700.000,-/orang.

Sedangkan paket private trip keluarga, wisatawan bisa memilih penginapan sendiri dan lebih privasi. Kegiatan selama di sana wisatawan yang menentukan pilihan destinasi ke mana saja, untuk jumlah hari berlibur terdapat pilihan 2D1N dan 3D2N. Tetapi pastinya biaya private trip keluarga akan lebih tinggi dari open trip. Harga private trip keluarga yang ditawarkan mulai dari Rp.2.000.000,-/orang.

Backpacker Pilihan Tepat

Pelabuhan Jepara Menuju Karimunjawa

Photo :
  • viva/Idris Hasibuan
Halaman Selanjutnya
img_title