Gunung Lanang Mergolangu, Wisata Alam Kekinian di Wonosobo

Gunung Lanang Mergolangu
Sumber :
  • instagram

OlretGunung Lanang Mergolangu berada di kawasan wisata Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo. Lokasinya berbatasan dengan Desa Gumelar, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Dengan demikian, untuk ke lokasi kamu bisa memilih jalur melalui Kecamatan Sapuran ataupun Kecamatan Wadaslintang.

7 Jenis Akomodasi Wisata yang Wajib Kamu Tahu

Berdiri di kawasan dengan tebing dan perbukitan, kamu akan dimanjakan dengan indahnya bentang alam Wonosobo dari ketinggian. Bahkan, Waduk Wadaslintang pun terlihat jelas dari salah satu titik di tempat wisata ini.

Asal Usul Tempat Wisata Gunung Lanang Mergolangu.

Gunung Lanang Mergolangu

Photo :
  • instagram
Kisah Nyata : Menantang Penghuni Dunia Lain Sumbing, Ngeri.

Nama Gunung Lanang sendiri diberikan karena menurut legenda setempat, gunung tersebut sebelumnya ialah seorang pemuda yang terkena kutukan. Laki-laki atau lanang dalam bahasa Jawa itu, diceritakan melawan orang tua yang tak merestui cintanya sehingga akhirnya dia dikutuk.

Sementara itu, gunung lain yang ada tak jauh dari Gunung Lanang yaitu Gunung Tampomas atau Gunung Wadon dipercaya merupakan pasangannya yang juga terkena kutukan.

Ditemani Pocong Di Gunung Sindoro, Membuat Nyali Ciut

Jika dilihat sekilas, Gunung Lanang dan Gunung Wadon memang berbentuk seperti Lingga dan Yoni yang melambangkan laki-laki dan perempuan. Desa Mergolangu sendiri menurut cerita, mulanya merupakan rawa-rawa yang mengering lalu dijadikan pemukiman penduduk.

Halaman Selanjutnya
img_title