Curug Surodipo, Tempat Bersejarah yang Kini Jadi Wisata Alam

Curug Surodipo
Sumber :
  • instagram

Olret – Selain terkenal dengan wisata alam posong, Temanggung juga mempunyai wisata alam air terjun yang cukup terkenal karena keindahannya yaitu Curug Surodipo. Curug ini berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung.

90 Menit Naik Motor dari Jakarta, Ada 4 Curug Dengan HTM 35 Ribu di Bogor

Lokasinya terletak di tengah perbukitan dan lahan tanaman penduduk yang tertata rapi dan hijau. Wisatawan biasanya menikmati keindahan pemandangan air terjun ini dari kejauhan sambil bersantai di atas bebatuan yang ada di puncak bukit.

Sejarah di Balik Nama Curug Surodipo

Curug Surodipo

Photo :
  • instagram
Aliran Airnya Deras, Ada Pepohoan dan Bebatuan, Ini Keindahan Leuwi Benjol Bogor

Curug Surodipo memiliki kaitan dengan perjuangan Pangeran Diponegoro di Temanggung. Menurut cerita warga setempat, di sini dulu tinggal seorang anak buah Pangeran Diponegoro bernama Surodipo. Sebelumnya, Surodipo hidup berpindah-pindah sampai akhirnya menetap di Desa Batur yang lokasinya berdekatan dengan Sungai Trocoh atau di bawah curug.

Namun, karena suatu kejadian banjir yang menghanyutkan pemukiman, warga pindah ke bukit yang saat ini menjadi Desa Tawangsari. Curug di Sungai Trocoh ini kemudian dinamai Surodipo untuk mengenang perjuangannya.

Airnya Sangat Bening dan Tenang, Bisa Renang Hingga Santai. Ini Keindahan Leuwi Cepet Bogor

Surodipo sendiri dipercaya merupakan salah satu panglima perang dalam Perang Jawa atau Perang Diponegoro pada tahun 1825-1830. Diceritakan juga bahwa Pangeran Diponegoro pernah berkunjung ke sana untuk mengumpulkan para panglima dan membahas siasat perang gerilya.

Halaman Selanjutnya
img_title