Pesona Tebing dan Air Terjun Lembah Harau, Suasana Tenang Ala Desa di Sumbar

Tebing dan Air Terjun Lembah Harau
Sumber :
  • instagram

OlretLembah Harau merupakan cagar alam di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau saat ini berstatus taman wisata dengan luas 27,5 hektare, berada di kawasan cagar alam dengan luas 298 hektare.

Air Terjun Salu Bunto, Rasakan Sensasi Mandi di Alam Terbuka di Luwu Utara

Dari cerita masyarakat setempat, nama Harau diyakini berasal dari kata parau atau serak. Konon, dinamakan harau karena dulu penduduk di atas Bukit Jambu kerap menghadapi banjir dan longsor. Ketika terjadi banjir, mereka histeris dan berteriak-teriak hingga suara menjadi parau.

Sementara itu, berdasarkan survei tim geologi pada tahun 1980, ditemukan bahwa lembah ini memiliki batuan dasar laut yaitu breksi dan konglomerat. Penelitian ini membuktikan kebenaran legenda masyarakat bahwa dulu tempat itu merupakan lautan.

Daya Tarik Lembah Harau dan Aktivitas Menarik di Sana

Bukit Teletubbies Masamba, Bukit Nan Manis di Luwu Utara

Tebing dan Air Terjun Lembah Harau

Photo :
  • instagram

Lembah Harau dikelilingi oleh tebing cadas yang curam berwarna kemerah-merahan. Keindahannya pun kerap disamakan dengan lembah di Taman Nasional Yosemite, California.

Air Terjun Tulang-Tulang, Tempat Asyik Bersantai Ria di Luwu Utara

Di lembah ini terdapat 6 air terjun alam yang dikelola oleh pemerintah.  Jika kamu datang dari arah Payakumbuh, air terjun pertama yang akan kamu temui adalah Sarasah Jambu. Kemudian air terjun Akar Berayun di dekat tempat parkir yang memiliki tinggi 200 meter.

Halaman Selanjutnya
img_title