Asyiknya Rekreasi Sambil Belajar Arkeologi di Taman Purbakala Sumpang Bita

Taman Purbakala Sumpang Bita
Sumber :
  • instagram

Olret – Kabupaten Pangkajene Kepulauan atau dikenal dengan Pangkep berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Makassar. Tempat ini mempunyai banyak tempat wisata menarik, salah satunya Taman Purbakala Sumpang Bita.

15 Quote Drama Korea Uncle, Menyentuh Jiwa dan Hati

Situs purbakala di perbukitan karst ini merekam jejak sejarah peradaban manusia sejak zaman prasejarah. Ribuan tahun lalu, gua-gua di bukit karst Pangkep menjadi tempat tinggal bagi manusia dibuktikan dengan adanya artefak dan jejak lukisan pada dinding gua.

Leang Sumpang Bita dan Bulu Sumi

Taman Purbakala Sumpang Bita

Photo :
  • instagram
Twenty Five Twenty One Episode 3, Cinta Karena Harta Tak Bertahan Lama?

Taman prasejarah ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung - Bulusaraung dan terbagi ke dalam kawasan dataran dan gunung kapur. Di kompleks situs seluas 2 hektare yang berada di Kelurahan Balocci Baru, Kecamatan Balocci, Pangkep ini terdapat dua buah gua yaitu Leang Bulu Sumi dan Leang Sumpang Bita. Keduanya berada di gugusan Bukit Bulu Bita.

Pelestarian kedua gua ini dilakukan sejak tahun 1982. Di tahap pertama, dilakukan pendataan terhadap temuan arkeologis berupa lukisan dan artefak purbakala. Setelah itu, dilakukan ekskavasi pada tahun 1984, lalu dilanjutkan kegiatan studi konservasi mulai tahun 1985-1986.

9 Quote di Drama Korea Ghost Doctor Episode 9-10

Gua Sumpang Bita merupakan gua yang terbesar di Sulawesi Selatan dengan kubah tinggi dan melandai ke dalam. Akses menuju gua sudah dilengkapi tangga selebar satu meter dari bawah bukit sampai pintu gua. Berada pada ketinggian 280 mdpl, suasana gua ini cukup nyaman. Gua terbagi menjadi tiga ruangan dan memiliki permukaan lantai datar dengan lebar sekitar 15 meter.

Halaman Selanjutnya
img_title