Bagaimana Berkomunikasi dengan Pasangan yang Menghindar Tanpa Menjauhkannya

Pasangan
Sumber :
  • freepik

Olret – Anda tidak sendirian dalam mencoba memahami cara berkomunikasi dengan lebih baik dengan pasangan yang menghindar - hubungan dengan pasangan yang menghindar dapat menjadi tantangan karena adanya gaya keterikatan yang melukai dan tidak aman.

5 Hal Ini Harusnya Membuatmu Bersyukur Jadi Introvert

Lagi pula, siapa pun bisa merasa putus asa jika mendapati pasangannya tiba-tiba menarik diri secara emosional atau memunculkan keraguan mengenai komitmen dan merasa khawatir terhadap kesehatan mental pasangannya.

Namun, hanya karena Anda menjalin hubungan dengan pasangan yang menghindar bukan berarti semuanya berakhir dengan malapetaka dan kesuraman - Anda pasti bisa memiliki hubungan yang penuh cinta dan sehat dengan menerapkan gaya komunikasi yang Anda praktikkan satu sama lain.

Orang yang menghindar cenderung sangat merasa tidak aman dan terintimidasi oleh kehadiran orang lain, namun mereka mencari cara untuk memuaskan kebutuhan mereka tanpa bergantung pada sumber ekstrinsik dan karenanya dipandang sebagai orang dengan tingkat harga diri yang tinggi.

5 Cara Melatih Hati Agar Tidak Mudah Emosi dan Sering Mengeluh

Meskipun orang-orang yang terlalu cemas cenderung meragukan harga diri mereka, dan orang-orang yang memiliki ikatan aman tidak memberikan ruang bagi rasa gugup dan rasa tidak aman dalam pikiran mereka, orang-orang yang menghindar mencari kenyamanan yang cukup sebelum mengambil langkah pertama menuju komunikasi yang efektif.

Terjadinya perilaku gaya keterikatan menghindar merupakan akibat dari serangkaian kelalaian yang terjadi selama bertahun-tahun, dimulai dari masa kanak-kanak. Jadi, penting untuk dipahami bahwa penghindar tidak selalu berarti sikap dingin dan tanpa emosi – mereka membangun diri mereka seperti itu sebagai strategi bertahan hidup.

Contoh umum perilaku menghindar adalah individu yang mencoba melarikan diri dari momen keintiman, tidak mengungkapkan cinta, kesulitan memercayai pasangannya, dan menghindari pembicaraan tentang komitmen.

Keterpisahan yang terus-menerus dari kekasih Anda sering kali dapat memicu keraguan diri tentang harga diri Anda dan mungkin merusak hubungan emosional antara Anda dan pasangan, tetapi kabar baiknya di sini adalah bahwa para penghindar memang menjaga kasih sayang secara diam-diam, sehingga ada harapan pada akhirnya.

Apa itu Keterikatan Penghindaran?

5 Cara Mengontrol Pola Makan Tanpa Mengganggu Kesehatan

Istilah “keterikatan penghindar” secara sederhana mengacu pada gaya keterikatan tidak aman yang ditandai dengan kemandirian ekstrim dan kesulitan untuk menjadi rentan secara emosional.

Halaman Selanjutnya
img_title