Organisasi di Kampus Itu Tidak Penting? Kebohongan yang Sebaiknya Jangan Dipercaya

Organisasi di Kampus Itu Tidak Penting?
Sumber :
  • Pixabay

Olret – Perbincangan mengenai organisasi di kampus itu bisa saja mengundang pro dan kontra. Ada yang mengatakan kalau organisasi itu tidak penting bagi mahasiswa karena bisa mengganggu konsentrasi akademik mahasiswa, dan ada pula yang berpendapat kalau organisasi justru bisa menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dan melatih kepemimpinannya.  

Bekerja Dan Berusaha Semaksimal Mungkin, Karena Semua Yang Kamu Butuhkan Sudah Tuhan Sediakan

Meski pro kontra itu masing-masing ada argementasinya jika ingin dipertentangkan, tetapi saya sendiri lebih sepakat dengan poin yang kedua. Kalau ada mahasiswa atau pun pihak lain yang menganggap kalau organisasi itu tidak penting, apalagi menganggapnya tidak berguna bagi mahasiswa, jelas itu pemikiran yang keliru menurut saya. 

Ya, mungkin saja mereka hanya melihat pada organisasi yang memiliki kasus saja, atau mereka hanya sekedar melihat dari kader-kader organisasi yang lambat selesai di kampus. Sehingga pemikiran kalau organisasi adalah penghambat akademik mahasiswa. Itu, sih tidak salah-salah amat sih sebenarnya.  

Jangan Khawatir Pada Masa Depan, Cukup Lakukan Yang Terbaik Untuk Hari Ini

Tapi, kalau hanya melihat dari sisi itu, menurut saya jelas-jelas keliru. Mungkin memang ada kader/anggota organisasi di kampus yang memang lambat selesai menyelesaikan studi atau akademiknya, tapi apakah kamu juga pernah membandingkan kalau banyak juga kok anggota organisasi yang cepat selesai di kampus. Belum lagi, kamu juga bisa melihat bagaimana prospek mereka yang sudah sarjana, alumni yang sebelumnya aktif di organisasi dengan alumni yang tidak aktif di organsasi. 

Menganggap kalau organisasi itu tidak penting karena bisa menghambat proses akademik, menurut saya lambatnya mahasiswa tersebut selesai di kampus bukan karena dari organisasinya, penyebabnya bisa saja banyak. Kondisi seperti ini tentu menyangkut persoalan kemampuan manajemen waktu, nyatanya banyak juga kok mahasiswa yang aktif di organisasi tapi mereka juga berprestasi di kampus. 

Jangan Mencemaskan Takdirmu, Karena Hidup, Mati, Rezeki, Jodoh Sudah Allah Atur

Memang tidak ada yang bisa menjamin, mahasiswa yang aktif di organisasi dengan mahasiswa yang aktif di akademik, ada yang lebih sukses nantinya. Bisa saja, mahasiswa yang menganggap kalau organisasi mahasiswa itu tidak penting dan lebih fokus saja di akademiknya akan sukses nanti setelah lulus, tapi tak bisa juga dipungkiri kalau mahasiswa yang lebih memilih aktif di organisasi justru dialah yang bisa dikatakan lebih sukses. Tentu kita sepakat bahwa tidak ada yang tahu nasib seseorang ke depan. Tetapi setidaknya, apa yang ditanam hari ini nantinya itu jugalah yang akan dipetik hasilnya nanti. 

Karena di awal saya mengatakan bahwa lebih sepakat di poin yang kedua, setidaknya saya akan memberikan saran sekaligus manfaat yang bisa kamu dapatkan jika bisa bergabung di organisasi yang ada di kampus. Manfaat ini tentu apa yang saya alami juga lho, dan kalau pun kamu belum dapat manfaatnya, itu kembali pada dirimu lagi. 

Halaman Selanjutnya
img_title