7 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa Secara Emosional dan Dampaknya

Berlebihan mengontrol anak
Sumber :
  • freepik.com

OlretKedewasaan seseorang berarti paham cara mengendalikan emosi, bertanggung jawab atas kesalahan yang kita buat alih-alih menyalahkan orang lain, serta menerima sudut pandang orang lain. Sayangnya, menjadi orang dewasa tidak sama dengan menjadi dewasa secara emosional, dan tentu saja hal tersebut punya konsekuensi negatif kepada anak-anak. Karena, sangat penting melatih kecerdasan emosional.

4 Ciri Utama Pria Yang Pantas Jadi Ayah Dari Anak-anakmu Nanti

Penting untuk diingat bahwa orang tua kita melakukan yang terbaik yang mereka bisa dengan tingkat informasi, pendidikan, dan kematangan mental yang mereka miliki. Dalam hal ini, ada juga kemungkinan luka emosional yang diturunkan kepada mereka dari generasi sebelumnya yang belum pulih (trauma lintas generasi).

Disklaimer! Artikel ini bukan untuk menghakimi orang tua tapi untuk belajar dari apa yang belum kita ketahui di masa lalu agar kita dapat mengasuh kembali diri sendiri (re-parenting) dan tidak mengulangi kesalahan yang sama pada anak kita di masa depan.

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Menyalahkan dan dendam hanya akan meningkatkan rasa sakit yang mungkin dialami inner child kita. Mari putuskan rantai luka batin dan trauma lintas generasi, mulai dari diri sendiri asuh kembali dan pulihkan inner child kita yang terluka, tingkatkan kesadaran dan pengetahuan kita tentang pentingnya kecerdasan emosional.

Melansir dari Living with Meaning, sebagai antisipasi mari kenali seperti apa ciri-ciri orang tua yang belum dewasa secara emosional. 

1. Hanya tahu cara mengurus kebutuhan anak

Semoga Tuhan Selalu Memberikan Kesabaran Bagi Anak Broken Home

anak dan gadget

Photo :
  • Photo by @fchaisplay.com on Pinterest
Halaman Selanjutnya
img_title