Apakah Branding Sangat Penting Bagi Bisnis?

Apakah Branding Sangat Penting
Sumber :
  • freepik

Olret – Jika Anda ingin menceritakan kisah yang menarik, pertama-tama Anda harus mengetahui alasan Anda menang hari ini. Diskusikan dengan pelanggan Anda dan pahami apa yang mereka lakukan dengan baik dan mengapa mereka tertarik berbisnis dengan Anda.

Srikandi yang Mengabadikan Tenun Bima Lewat Kampung Tenun Adalah Yuyun Ahdiyanti

Jika memungkinkan, diskusikan dengan konsumen terkini mengenai keputusan pembelian yang masih segar dalam pikiran mereka. Riset pasar memainkan peran penting dalam memahami pentingnya branding, namun juga memiliki beberapa kendala.

Di sini kita membahas mengapa branding penting bagi sebuah bisnis.

1. Branding membangun kepercayaan diri

Kominfo Segera Blokir Aplikasi Temu Karena Tak Patuhi Regulasi Serta Mempengaruhi UMKM

Mengapa Branding Penting untuk Sebuah Bisnis

Photo :
  • freepik

Inilah pentingnya branding yang paling populer. Pencitraan merek yang hebat membutuhkan strategi, keberanian, kecerdasan, dan terkadang juga risiko. Untuk memberitahu pelanggan apa yang membuat Anda berbeda, kepercayaan diri itu penting.

Generasi Z Dalam Mendorong Ekonomi Digital

Bayangkan seperti ini: Beberapa merek paling sukses di dunia mencapai posisi mereka saat ini karena rasa percaya diri, dan bukan karena mereka menyediakan produk atau pengalaman tertentu.

Mari kita ambil contoh Lululemon. Banyak perusahaan fesyen yang memproduksi dan menjual pakaian atletik, namun ada sesuatu yang membuat mereka berbeda dari pesaingnya.

Misalnya, banyak toko mereka yang menawarkan kelas yoga, dengan pernyataan berani yang mengatakan, mereka tidak hanya menjual pakaian olahraga- mereka ingin pelanggannya juga berkeringat.” Meskipun pesaing mereka mungkin meniru Lululemon, mereka gigih dengan mereknya dan tetap menjadi pemimpin dalam penjualan pakaian atletik.

2. Branding meningkatkan pengakuan

Salah satu komponen utama suatu merek adalah logo. Ini dianggap sebagai “wajah” sebuah bisnis. Ini adalah hal yang langsung dikenali orang. Logo kustom profesional cukup sederhana untuk diingat, namun cukup kuat untuk memberikan kesan yang dibutuhkan merek Anda.

Meskipun perusahaan, “Discover, Learn & Grow memiliki logo, namun tidak menunjukkan sifat pendidikan dari pusat pembelajaran tersebut. Wali dan orang tua perlu mengetahui bahwa bisnis ini merupakan program prasekolah yang dijalankan oleh seorang profesional dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang pendidikan.

3. Branding mendukung pemasaran

Apakah Branding Sangat Penting

Photo :
  • freepik

Pentingnya branding lainnya adalah periklanan. Demografi media dan target iklan membantu dalam membangun merek. Discover, Learn & Grow menambahkan Logo mereka ke pakaian, bahan cetak, dan kemasan untuk menyebarkan berita tentang bisnis dan menonjol dari persaingan.

Saat Discovery, Learn & Grow mengadakan pesta ulang tahun, mereka mulai menambahkan logo mereka pada tas bingkisan untuk anak-anak. Hal ini memberikan kesan merek lain kepada orang tua dari anak-anak yang menghadiri pesta, dan ini akan mengubah logo menjadi iklan berjalan tanpa papan reklame agar bisnisnya diperhatikan.

4. Identitas merek menjelaskan dan memaksa fokus

Begitu Anda memberi tahu seseorang siapa Anda, Anda secara implisit memberi tahu mereka siapa Anda sebenarnya. Dan, dalam hal memposisikan organisasi Anda untuk menang, hal ini sering kali jauh lebih penting.

Identitas merek menjadi tujuan dan pernyataan positioning Anda. Ini menjadi hal terpenting yang selalu dapat Anda andalkan setiap kali “peluang baru” menghampiri Anda.

Apakah itu sesuai dengan siapa Anda dan apa yang Anda janjikan untuk ditawarkan kepada pelanggan Anda? Segala sesuatu yang tidak sesuai dengan itu dapat dibuang atau diabaikan. Tidak peduli seberapa bagus kedengarannya. Tidak bagus jika Anda tidak bisa tetap pada target.

5. Branding membantu dalam membangun nilai finansial

Pentingnya branding lainnya mencakup nilai finansial. Organisasi yang berdagang di bursa saham secara publik pada waktu yang berbeda menilai aset nyata perusahaan. Sebagian besar nilai ini disebabkan oleh branding perusahaan. Merek yang kuat seringkali menjamin masa depan bisnis.

Baik sebuah perusahaan meminjam uang untuk pertumbuhan atau melakukan IPO, dianggap lebih penting akan membuat proses tersebut menguntungkan pemiliknya.

Semakin besar komitmen suatu merek untuk membangun nilai mereknya, semakin baik keuntungan finansial dari usahanya.

6. Branding mendorong karyawan

Memperhatikan Kesejahteraan Karyawannya

Photo :
  • freepik.com/author/jcomp

Dorongan terhadap karyawan adalah pentingnya branding yang populer. Sebagian besar karyawan membutuhkan lebih dari sekedar pekerjaan sederhana – mereka memerlukan sesuatu untuk bekerja.

Ketika karyawan memahami tujuan bisnis dan alasan di balik keberadaannya, mereka akan cenderung merasakan kebanggaan yang sama dan bekerja ke arah yang sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh pemilik bisnis.

Memiliki merek yang kuat seperti mengubah logo perusahaan menjadi sebuah bendera yang dapat dijadikan tempat berkumpul oleh seluruh anggota perusahaan.

7. Branding menghasilkan klien baru

Memoir of a Murderer

Photo :
  • instagram

Pencitraan merek juga dapat membantu bisnis mendapatkan rujukan dari mulut ke mulut. Lagi pula, bisakah Anda memberi tahu teman Anda tentang merek tertentu jika Anda sendiri tidak ingat nama merek tersebut?

Perusahaan yang paling menguntungkan, baik besar maupun kecil, memiliki satu kesamaan. Mereka telah memantapkan diri mereka sebagai pemimpin dalam industri spesifik mereka dengan menciptakan merek yang kuat, dimulai dengan logo khusus yang solid.

Pencitraan merek adalah segalanya. Jadi, selalu bersikap baik untuk merek Anda dan luangkan waktu yang cukup untuk menyusun identitas merek Anda dengan cermat. Ingatlah selalu pentingnya branding jika Anda merasa bingung apakah sebaiknya menggunakan branding atau tidak.