5 Cara Mendidik Anak Agar Memiliki Hati Nurani Yang Kuat

Surya Dharma, pelopor program pendidikan 'Tuntas Belajar 12 Tahun'
Sumber :
  • satu-indonesia.com

Olret – Setiap orang tua ingin membesarkan anak dengan hati nurani yang kuat. Hati nurani artinya melakukan hal yang benar bahkan ketika tidak ada yang melihat. Tetapi ketika jaman sekarang banyak bulying yang terjadi secara online, kecurangan ponsel, sexting, dan risiko lainnya.

15 Momen dari Studio Ghibli Paling Sedih

Studi menunjukkan bahwa anak-anak sebenarnya memiliki pemahaman yang kuat tentang benar dan salah sejak usia balita. Dan orang tua memiliki pengaruh besar pada apa yang telah mereka ajarkan kepada anak-anak.

Film, acara TV, dan media sosial semuanya bisa menjadi sangat efektif dalam membimbing anak-anak untuk membuat lebih banyak pilihan yang positif. Pilihan yang tidak mencerminkan diri mereka, membuat mereka merasa tidak hebat tentang diri mereka sendiri, atau benar-benar membuat mereka mendapat masalah.

Redmi 14C: Smartphone Mid Range Dengan Highlight yang Tidak Dapat Dibaikan

Remaja dan remaja menikmati bergulat dengan ide-ide kompleks dan mendiskusikan perilaku yang etis. Berikut adalah cara untuk membesarkan anak agar memiliki hati nurani yang kuat.

1. Menampilkan film dan acara TV yang kaya akan karakter.

Pilihlah film atau serial TV yang mempromosikan "soft skill" seperti empati, rasa syukur, dan integritas. Setelah pertunjukan, bicarakan tentang sifat-sifat apa yang kamu hargai dan bagaimana keluargamu dapat berfokus pada dan memperkuatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagian Besar Parameter Konfigurasi HONOR Magic 7 Pro Terungkap

Pertimbangkan untuk mengadakan "hari karakter" di mana setiap orang mempraktikkan keterampilan seperti rasa syukur. Ini membantu anak-anak melihat bagaimana mereka membuat keputusan yang benar dan salah bahkan dalam interaksi sehari-hari mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title