Ingin Anak Bermental Kuat, Hindari 5 Perilaku Ini dalam Mendidik Anak!

Ilustrasi orang tua mendidik anak
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@gustavo-fring

Olret - Relasi yang sehat antara orang tua dengan anak diharapkan dapat membentuk rasa aman dalam diri anak. Rasa tersebut merupakan kebutuhan dasar semua manusia agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal dalam hidupnya termasuk dalam perkembangan mental.

4 Zodiak yang Kreatif Agar Anaknya Tetap Aktif

Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak. Cara mereka mendidik anak berpengaruh besar terhadap kehidupan anak-anak. Pola asuh yang tidak tepat bisa menyebabkan trauma berkepanjangan pada anak sehingga mereka rentan terkena gangguan mental. Untuk itu, hindarilah lima perilaku berikut ini yang kami sadur dari laman instagram @parentingibuhebat supaya ananda mempunyai mental kuat. Seperti apa, mari kita simak bersama.

1. Selalu Memberikan Perintah

Bersabarlah! Allah Selalu Punya Cara Terbaik Untuk Mengeluarkanmu Dari Masalah

Dibanding sering memerintah sebaiknya ajak anak berdiskusi supaya mereka merasa didengarkan. Dengan begitu, anak dapat belajar mengambil keputusan. Kemampuan anak-anak dalam memutuskan sesuatu apabila semakin terasah sangat bagus untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak.

2. Mendukung Terbentuknya Persepsi Playing Victim

Wahai Suami, Percantiklah Istrimu Agar Matamu Lebih Terjaga

Jangan ajarkan anak mempunyai pemikiran bahwa mereka adalah korban dari sebuah situasi. Kerap menyalahkan keadaan bahkan orang lain atas kondisi tak menyenangkan yang mereka alami. Beri anak-anak pemahaman tentang konsekuensi atas perilaku mereka serta solusi agar kejadian tersebut tidak berulang. Dengan begitu, anak-anak memiliki kepercayaan kuat bahwa mereka mampu mengendalikan hidupnya sendiri.

3. Selalu Menyelesaikan Semua Masalah Anak

Halaman Selanjutnya
img_title