6 Cara Tetap Bisa Bersyukur, Meski Hidupmu Masih Jauh Dari Impian

Cara Tetap Bisa Bersyukur, Meski Hidupmu Masih Jauh Dari Impian
Cara Tetap Bisa Bersyukur, Meski Hidupmu Masih Jauh Dari Impian
Sumber :
  • u-report

Olret – Dulu , kamu punya cita-cita, impian dan angan yang ingin kamu gapai. Kamu ingin meraih standar sukses sebagaimana yang kamu idamkan selama ini. 

Namun dalam perjalanannya, ternyata proses hidup tak selalu sesuai keinginan dan harapan. Bukan karena kamu kurang bekerja keras, tapi mungkin takdir hidupmu memang seperti yang sekarang ini kamu terima. 

Terkadang jika kamu memikirkan dan merenungi semua itu. Ada perasaan gagal, kecewa dan kurang bersyukur. Padahal, bisa jadi, takdir yang kamu terima sekarang memanglah yang terbaik.

Jadi berhentilah merasa kecewa pada dirimu sendiri dan coba nikmati hidupmu dengan lebih tulus. Dan jika kamu bingung bagaimana memulai rasa syukur itu, coba lakukan 6 cara ini. Meski hidupmu masih jauh dari impian atau standart kesuksesan yang pernah kamu impikan, percayalah! Kamu tetap bisa bahagia.  

1. Pertahankan Semangat Hidup Dengan Bekerja Sebaik Mungkin

Cara Tetap Bisa Bersyukur, Meski Hidupmu Masih Jauh Dari Impian

Cara Tetap Bisa Bersyukur, Meski Hidupmu Masih Jauh Dari Impian

Photo :
  • u-report

Seseorang yang masih punya semangat hidup, bagaimana pun hidup yang harus dilewatinya, dia akan tetap baik-baik saja. Karena itu, meski hidupmu tidak sesuai dengan impianmu dulu. Jangan pernah kehilangan semangat untuk hidup dan bekerja sebaik mungkin. 

Mulailah dengan rutin mengerjakan pekerjaan sepele tapi menyenangkan. seperti membersihkan rumahmu, merawat tanaman dan  bertanggung jawab pada peran juga tanggung jawab dengan sepenuh hati. Lihatlah, kamu masih dibutuhkan, dihargai dan disayangi oleh semua hal yang kamu miliki. Jadi, tidak ada alasan untuk menyerah. 

2. Jangan Membandingkan Pencapaian Diri Dengan Orang Lain 

Jangan Membandingkan Pencapaian Diri Dengan Orang Lain

Jangan Membandingkan Pencapaian Diri Dengan Orang Lain

Photo :
  • u-report

Kesalahan fatal yang menyebabkan rasa syukur terkikis secara perlahan dalam hati adalah ketika kamu membandingkan diri atau hidupmu dengan orang lain. Misal dia orang terdekatmu. Kamu sering merasa gagal, karena melihat orang lain nampak sukses, padahal kalian berjuang bersama atau mendapatkan kesempatan yang sama sebelumnya.  

Padahal kamu tahu, meski terlahir dari Rahim yang sama sekalipun, setiap orang punya takdir dan jalan hidupnya masing-masing. Kesuksesan kamu dengan dirinya jelas berbeda. Oleh karena itu, berhentilah merasa insecure atas kesuksesan orang lain dan lebih banyak focus pada hidupmu sendiri. 

3. Ingatlah Impian Masih Bisa Diperbarui Dengan Kebutuhan Saat Ini 

Doa Memohon Agar Selamat Dari Musibah

Doa Memohon Agar Selamat Dari Musibah

Photo :
  • U-Repot

Hanya karena satu impian gagal, bukan berarti kamu tidak bisa mengubah mimpimu lalu meraih kesuksesan di impian yang baru itu. karena sebenarnya, tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi sukses sebagaimana yang kamu kehendaki. 

Kamu hanya perlu merubah atau memperbarui impianmu sebagaimana dengan kebutuhan saat ini. Contoh sederhananya saja, kamu memang tidak bisa lagi meraih impian sebagai dokter atau bekerja di perusahaan bonafid  karena faktor usia juga pendidikan.

Namun, jika kamu terus mau belajar, mencoba hal baru dan mengupgrade diri. kamu tetap bisa sukses di bidang lain atau membuka usaha sendiri. 

Mengertilah, bahwa impian itu bisa berubah sewaktu-waktu serta menyesuaikan kondisi juga keadaan. Karena itu jangan berpatokan pada satu impian. Selama tidak pernah menyerah, kamu bisa meraih mimpi-mimpi lain atau yang baru kamu tetapkan. 

4.  Sering-Seringlah Mengapresiasi Diri Sendiri 

Bahagia dan rasa syukur akan terwujud, ketika kamu sering memberi apreasiasi pada dirimu sendiri. Lebih beruntung lagi, jika kamu bersama orang tepat yang bisa menghargai usaha dan kerja kerasmu.

Karena itu, jangan pernah ragu untuk mengapresiasi diri sendiri, banyak ataupun sedikit pencapaian yang sudah kamu raih. 

Kamu bisa mengapresiasi diri dengan banyak cara, seperti berbagi kebahagiaan dengan orang yang membutuhkan, liburan atau healing ke suatu tempat yang menyenangkan, atau melakukan aktivitas yang selama ini kamu inginkan. Intinya, apreasiasilah dirimu sendiri.

Kamu sudah bekerja dengan baik dan sepenuh hati. Jadi kamu harus bangga dengan semua hal itu. 

5. Fokus Menikmati Apa Yang Kamu Dapatkan Sekarang 

Meski hidupmu masih jauh dari impian dan belum memenuhi standart sukses yang kamu harapkan. Tapi lihatlah, kamu masih bisa tertawa dengan lepas, memberi dan menerima cinta yang tulus, melihat tumbuh kembang anak-anakmu dengan baik, dan hidup dengan tercukupi meski sederhana. Semua hal itu, adalah kebahagiaan yang patut untuk disyukuri. 

Jadi, nikmati semua momen indah yang kamu terima. Tidak perlu merasa hidupmu harus seperti orang lain atau seperti impianmu dulu untuk bisa bersyukur juga bahagia. karena memang, apa yang kamu miliki sekarang adalah yang terbaik. 

6. Jangan Pernah Berhenti Berharap 

Impian masih bisa diperbarui dan diraih. Selama kita hidup, berarti selalu ada kesempatan untuk menjadi yang lebih baik. modal pertama adalah tekad dan keinginan untuk tidak menyerah. Lalu, dilanjutkan dengan kerja keras dan belajar lebih banyak lagi. 

Tetap nyalakan harapan, hidupmu akan terus membaik seiring dengan waktu. Kegagalan-kegagalan di masa lalu bukanlah penghalang. Justru itu menjadi pengalaman yang berharga.

Oleh karena itu, jangan pernah berhenti berharap. Kamu bisa hidup nyaman sesuai dengan apa yang kamu impikan, tapi jangan lupa untuk mensyukuri semua hal yang sudah kamu terima. (Ika Tusiana)