Lebih Selektif, 6 Ciri Orang Toksik yang Lebih Baik Dihindari.

Pertemanan toxic
Pertemanan toxic
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Dalam menjalin hubungan pertemanan, memang disarankan untuk tidak pilah pilih teman. Dari latar belakang, status bahkan agama tidak boleh saling membeda-bedakan. Namun terkadang kamu akan dipertemukan dengan tipe orang yang membawa pengaruh buruk bagi dirimu. Bahkan dia bisa menjadi beban dalam hidup, sehingga kamu sulit merasa nyaman juga terkekang. Teman seperti itulah yang disebut teman toksik dan lebih baik dihindari. Dan ingatlah, kamu menghindari mereka, bukan karena sombong, tapi lebih selektif agar hidup juga nyaman juga bisa focus mengejar mimpi.

Nah, bagaimanakah ciri teman yang toksik dan perlu dihindari? Yuk simak ulasan artikel ini.

1. Teman Yang Tidak Punya Motivasi

Kamu sudah mempunyai motivasi tinggi, niat dan semangat untuk mengejar mimpimu. Sayangnya disekitarmu dikelilingi dengan orang yang tidak punya motivasi. Kemungkinan baiknya, hadirmu bisa membantu atau mendorong mereka untuk maju dan meniru motivasi yang kamu punya. Namun, sisi negatifnya, bisa jadi kamu terpengaruh oleh mereka. Dan semangat yang sudah dipupuk sejak awal memudar dengan sendirinya.

Oleh karena itu, saat kamu sudah punya semangat, tekad dan motivasi yang kuat, akan lebih baik menghindari orang yang tidak punya motivasi. Apalagi, kamu masih dalam proses menaiki tangga yang berat untuk mencapai tujuan yang diimpikan. Dekat dengan orang tak bermotivasi, setiap hari mendapatkan pengaruh untuk menyerah, lama-lama akan memudarkan semangatmu. Barulah, saat kamu sudah sukses dan menunjukkan keberhasilan, baru kamu bisa memotivasi orang lain.

2. Teman Pemalas Di Luar Batas Wajar

Malas itu memang sikap yang pasti dimiliki semua orang. Namun, sikap malas masih bisa dikendalikan, sebab ada kesadaran jika dirinya perlu berkembang, beraktivitas positif dan meraih mimpi. Masalahnya, ada lho tipe teman yang sangat pemalas, bahkan malasnya bisa sampai di luar batas wajar.

Dia hampir tidak mau melakukan apapun sepanjang hari. Dan hanya rebahan atau main handphone saja sepanjang hari. Orang seperti ini, kemungkinan besar akan menjadi orang toksik yang menjadi beban dalam hidupmu. Dia tidak mau berpikir bagaimana caranya mandiri, sebab lebih senang menggantungkan hidup pada orang lain. Daripada makan hati atau tertular rasa malasnya yang akut, lebih baik hindari saja.

3. Teman Yang Suka Mengeluhkan Segala Hal

Dijadikan tempat curhat oleh orang lain, memang bisa menjadi tanda jika kamu adalah tipe teman yang menyenangkan dan bisa dipercaya. Namun, tempat curhat, bukan berarti setiap hari harus mendengarkan keluhan seseorang pada masalah hidupnya dengan kasus atau masalah yang sama. Padahal kamu sudah berupaya memberikan nasehat terbaik. Tapi, hanya didengarkan tanpa dilaksanakan sedikitpun.

Hal itu tentu akan membuat mood yang sudah membaik menjadi buruk. Apalagi, orang yang suka mengeluh pasti akan membawa pengaruh negative dalam hidupmu. Dampak buruk lainnya, kamu bisa jadi ikut-ikutan menjadi orang yang mudah mengeluh.

Halaman Selanjutnya
img_title