5 Tips Budgeting Untuk Mahasiswa, Manfaatkan Pengalaman Kuliahmu Sebaik Mungkin!

Tips budgeting bagi mahasiswa
Sumber :
  • freepik.com

OlretMengelola keuangan kamu sebagai mahasiswa bisa sulit, tapi tidak harus! Dengan membuat rencana anggaran, menetapkan tujuan keuangan tertentu, menggunakan aplikasi anggaran dan spreadsheet, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, memanfaatkan diskon mahasiswa, dan mendapatkan pekerjaan paruh waktu, kamu bisa mengontrol keuanganmu dan memanfaatkan pengalaman kuliahmu.⁣⁣

Kuliah Atau Menikah? Jangan Pusing! Lakukan Saja Keduanya Secara Beriringan

Budgeting bisa menjadi tugas yang menakutkan bagi mahasiswa, terutama dengan biaya tambahan dan pendapatan terbatas yang menyertai menjadi mahasiswa. Namun, dengan sedikit perencanaan dan disiplin, budgeting dapat dikelola dan bahkan membantu kamu mencapai tujuan keuangan. Melansir @kuyproduktiv, berikut adalah beberapa tips budgeting untuk mahasiswa.

1. Membuat rencana anggaran

Membuat rencana anggaran

Photo :
  • freepik.com
4 Jenis Pola Asuh Anak Dan Bagaimana Membentuk Kesejahteraan Anak

Membuat rencana anggaran sangat penting bagi mahasiswa karena ini membantu mereka untuk mengontrol pendapatan dan pengeluaran mereka. Misal, membuat daftar dari semua sumber pendapatan, termasuk pekerjaan sampingan dan bantuan keuangan. Lalu mencatat semua pengeluaran, termasuk biaya kuliah, sewa, transportasi, makanan, dan hiburan.

2. Menetapkan tujuan keuangan tertentu

Alasan Kuliah Sambil Kerja Tidak Akan Mudah Dijalani

Photo :
  • freepik.com
Halaman Selanjutnya
img_title
Kisah Nyata : Menikah Terlambat Pembawa Berkah Bagi Hidupku