Kita Tidak Dapat Menghindari Penderitaan Tapi Dapat Memilih Cara Mengatasinya

Mengapa ada Banyak Penderitaan
Sumber :
  • u-report

Jakarta, Olret – "Kita tidak dapat menghindari penderitaan, tetapi kita dapat memilih cara mengatasinya, menemukan makna di dalamnya, dan melangkah maju dengan tujuan baru"

Jangan Mengeluh Terus, Ingat Tuhan Tak Suka Dengan Orang yang Mengeluh

Man's Search For Meaning karya Vicktor E. Frankl.

Saya baru selesai membacanya sebenarnya. Ini buku terbilang lama, dan lama pula saya beli, hanya saja saya baru membacanya. Saya kan begitu anaknya, suka lapar mata melihat diskon buku. Apalagi E-book tinggal klik, tapi entah kapan membacanya.

12 Quote Anak Rantau, Dari Kerinduan yang Mendalam Sampai Lelah Berjuang

So, buku ini sangat apik menurut saya. Frankl adalah seorang psikiater yang pernah menjadi tawanan Nazi di era Hitler dalam kurun waktu tiga tahun.

Di buku ini dia menceritakan pengalamannya bagaimana gambaran kehidupan para tawanan di camp konsentrasi. Bahkan saya sempat bergidik saat memvisualisasikan di pikiran saya. Membayangkan bagaimana mereka bekerja di tengah dingin salju, dengan bertelanjang kaki menapaki es karena sepatu tidak lagi muat. Dengan pakaian compang-camping.

Bersabar Saja Dulu Atas Rencana Allah yang Masih Menjadi Rahasia

Bagaimana sebagian besar dari mereka berharap lebih baik mati daripada hidup dalam neraka seperti saat itu. Bagaimana mereka bisa menerka sisa hidup rekan mereka dan terbiasa melihat kematian setiap harinya. Dan hidup dalam bayang-bayang ketakutan bahwa mereka bisa saja setiap saat dikirim ke ruangan gas untuk dimusnahkan begitu saja.

Menurut Frankl, rata-rata tawanan yang mampu bertahan yang sudah dipindahkan dari satu camp ke camp yang lain adalah mereka yang telah kehilangan semua etika demi mempertahankan hidup. Dari cara yang jujur atau tidak, brutal hingga mengkhianati kawan mereka sendiri demi bertahan hidup.

Halaman Selanjutnya
img_title