Ingin Tampil Pede saat Menjadi Moderator? Wajib Kuasai 3 Skill Berikut!

Ilustrasi diskusi
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@fauxels

Orlet - Dikutip dari wikipedia moderator merupakan orang yang bertindak sebagai penjembatan, penengah, pemandu, dan pengendali ketika sebuah acara sedang berlangsung supaya acara tersebut dapat berjalan dengan tertib.

Kisah Nyata (Part 2): Angkernya Jalur Dukuh Liwung Gunung Slamet

Tugas moderator sendiri adalah mengawasi, mengawal jalannya diskusi di suatu forum supaya bahasan utama atau topik yang sedang dibicarakan tidak melenceng kemana-mana sehingga forum tetap dinamis dan hidup.

Tiga hal yang disampaikan oleh moderator meliputi pembukaan presentasi untuk narasumber, sesi tanya jawab hingga ringkasan dari seluruh acara.

3 Doa Agar Rezeki Suami Lancar dan Berkah. Istri Wajib Tahu!

Walaupun terkesan mudah, namun diperlukan kemampuan untuk menjadi moderator yang mampu memimpin jalannya diskusi sehingga lancar sampai akhir. Dilansir dari akun instagram @bicarapede inilah tiga tips menjadi moderator handal.

1. Memahami Tema Diskusi

3 Fakta Kelam Dibalik Acara Kumpul Keluarga saat Lebaran, Pernah Mengalami?

Hal pertama yang harus anda kuasai adalah paham tentang tema atau topik yang akan didiskusikan. Semakin luas pengetahuan anda tentang tema tersebut, akan sangat membantu anda memberikan gambaran besar tentang apa yang akan didiskusikan sebelum mempersilahkan narasumber untuk berbicara.

Anda juga diharuskan untuk menjaga supaya pembahasan dalam diskusi tidak keluar dari tema yang sedang diperbincangkan atau acara justru berpotensi beralih ke topik yang tidak relevan.

Halaman Selanjutnya
img_title