Perhatikan 3 Hal Ini Agar Kamu Mendapat Restu Orang Tua untuk Merantau

Ilustrasi Orang Tua dan Anak
Sumber :
  • Pixabay/sasint

OlretRestu orang tua adalah salah satu penentu masa depan. Terlebih setelah remaja atau memasuki gerbang dewasa awal, beberapa orang ada memutuskan untuk merantau guna melanjutkan Pendidikan atau mencari pekerjaan.

Namun terkadang, kesempatan yang ada tidak dibarengi dengan restu orang tua. Beberapa dari mereka merasa berat membiarkan anaknya pergi dan jauh dari rumah.

Begitu pula ketika hendak menikah. Restu orang tua terkadang menjadi pemicu beberapa pasangan tidak jadi menikah karena terpaut jarak.

Ada beberapa faktor yang membuat orang tua sulit memberikan restu ketika anaknya hendak merantau.

1. Kepercayaan

5 Nasehat Orang Tua Ini Akan Menyemangati Anak Rantau, Ingat Kampung ya Nak!

Umumnya, orang tua adalah sosok yang sangat menyayangi anaknya. Sehingga mereka tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada anaknya. Rasa khawatir yang besar ini membuat mereka cenderung ingin melihat dan mengawasi anaknya dari dekat.

Terlebih bila sang anak tidak dewasa, kurang bertanggung jawab, naif, dan tidak bisa mengambil keputusan. Sifat-sifat anak yang seperti ini akan membuat orang tua menjadi overprotektif.

Agar orang tuamu bisa memberi restu, coba tunjukkan bahwa kamu bisa mandiri. Buktikan dengan kejadian sehari-hari bahwa kamu bisa dipercaya untuk hidup sendiri. dengan begitu orang tua akan lebih mudah untuk memberikan izinnya.

2. Kesepian

Beberapa orang tua merasa kesepian sehingga tidak mengizinkan anaknya untuk pergi jauh. Sehingga, ada baiknya untuk membangun komunikasi dan pemahaman. Satukan visi dalam keluarga sehingga kalian bisa berjalan beriringan mencapai tujuan yang sama.

3. Pertanda

4 Ciri Utama Pria Yang Pantas Jadi Ayah Dari Anak-anakmu Nanti

Sering kali, larangan orang tua adalah pertanda akan sesuatu yang buruk di masa depan. Sehingga, sebelum nekat melangkah, coba pikirkan baik-baik tentang larang tersebut. Bisa jadi, larangan orang tua untuk merantau adalah pertanda yang tidak kamu sadari.

Bagaimana menurutmu?