4 Jenis Emosi yang Perlu Dikenalkan pada Anak demi Perkembangan Psikologisnya!

Ilustrasi anak sedang emosi
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@wildlittlethingsphoto

Orlet - Ketidakpedulian orang tua terhadap apa yang dirasakan anak termasuk ekspresi emosi yang diremehkan akan menimbulkan efek psikologis berbahaya di kemudian hari seperti anak suka berkelahi, mudah terpancing emosi, melakukan perundungan, kemarahan yang sulit dikendalikan dan lainnya.

Mahasiswi Ini Rayakan Momen Wisuda Tanpa Dihadiri Orang Tua, Ada Kisah Haru Dibaliknya

Anak dalam tumbuh kembangnya selalu mengalami situasi, kondisi serta pengalaman baru yang berpengaruh terhadap emosi yang dimilikinya namun mereka belum bisa merespon dengan tepat sehingga perlu diajarkan cara mengelola emosi dengan benar.

Peran kedua orang tua sangat dibutuhkan supaya perkembangan psikologis anak terkontrol dan lebih stabil. Ada empat jenis emosi yang perlu dikenalkan kepada anak sejak dini serta bagaimana cara orang tua meresponnya sesuai yang kami lasir dari akun @psikologianak.ig sebagai berikut.

Akan Ada Saatnya Semua Sedihmu Jadi Bahagia dan Kenangan Pahit Jadi Pelajaran Berharga

1. Marah

Kesabaran kita memang sangat diuji ketika anak sedang mengalami fase tantrum, teriak-teriak, menangis kencang hingga sampai menyakiti diri sendiri.

Semoga Apapun Yang Sedang Kamu Perjuangkan, Mendapatkan Ridho Allah Dan Berhasil Kamu Raih

Ayah bunda pertama bantulah anak untuk mengindentifikasi perasaan mereka salah satu contohnya dengan mengatakan kalimat sebagai berikut.

"Kamu merasa marah karena mainanmu direbut ya? Rasanya seperti panas di dalam kepala dan dada ya." Dengan begitu anak akan merasa diperhatikan keinginannya. Selanjutnya tawarkan solusi untuk mengungkapkan perasaan.

Halaman Selanjutnya
img_title