5 Penyebab Anak Mengalami Speech Delay, Benarkah Salah Pola Asuh?

Ilustrasi anak-anak kecanduan gadget
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@thepaintedsquare

Orlet - Perkembangan anak berawal dari kepekaan orang tua. Maka libatkanlah pasangan kita dalam pola pengasuhan. Perhatian ayah dan ibu berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang buah hati. Salah satunya adalah kemampuan berbicara anak yang perlu mendapatkan stimulasi supaya mereka tidak mengalami speech delay atau keterlambatan bicara.

5 Treatment Menjadi Pendengar Yang Baik. Terapkan Agar Komunikasi Lebih Nyaman

Selain karena masalah medis, mengutip dari laman instagram @psikologianak.ig, lima hal berikut ini meskipun sepele perlu diperhatikan sebab berpotensi menyebabkan si kecil terlambat bicara. Apa sajakah itu? Simak pembahasan kita kali ini.

1. Pengenalan Gadget Terlalu Dini

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Seorang Pria Sangat Seksi di Ranjang?

Dilansir dari dancow.co.id berdasarkan penelitian yang disampaikan Dr. Catherine Birken dalam Pediatric Academic Societies Meeting tahun 2017 menyatakan bahwa 20% anak usia sekitar 18 bulan menghabiskan rata-rata waktu 30 menit untuk menggunakan gadget, dan hal ini meningkatkan resiko speech delay sebanyak 49% (Birken, 2017). 

Meskipun begitu, fakta lain terungkap bahwa gadget juga bisa menjadi media belajar untuk anak-anak apalagi dalam situasi saat ini sangat sulit menghindari gadget.

5 Kalimat Pembuka Saat Pacaran Yang Bisa Bikin Spot Jantung

Oleh karena itu, mengenalkan gadget kepada buah hati tidak boleh sembarangan alias orang tua harus tetap melakukan pengawasan mengenai konten edukatif yang berguna bagi anak, bukan tontonan yang tidak memberikan manfaat untuk perkembangan si kecil.

2. Ngobrol Pakai Bahasa Cadel

Halaman Selanjutnya
img_title