6 Tips Ajarkan Anak Menjadi Pribadi Penuh Syukur

Menumbuhkan Syukur
Sumber :
  • https://www.istockphoto.com/

Olret – Hai Moms, bersyukur adalah suatu perasaan terimakasih atau ungkapan terimakasih atas nikmat hidup yang telah diberikan oleh Allah. Bersyukur untuk setiap apa yang kita hadapi adalah cara terbaik untuk menjalani hidup. 

Faktanya, Wanita yang Cantiknya Biasa, Justru Punya Cinta Luar Biasa

Dikutip dalam laman instagram pribadi  S.T Andreas, M.Ked(Ped), SpA, dokter spesialis anak rumah sakit EMC, Rasa syukur atau gratitude dapat membentuk pengendalian diri (self control). Pengendalian diri yng dimaksud berarti dapat menerima terjadinya sebuah proses dalam hidup dan sabar menjalaninya.

Setiap orangtua memilki harapan sang anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan penuh syukur. Sebab rasa syukur memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita dan juga anak-anak kita. 

Jangan Mengeluh Terus, Ingat Tuhan Tak Suka Dengan Orang yang Mengeluh

Namun seringkali rasa syukur dianggap perkara yang sepele dan tidak menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan kepada anak. Contoh sederhana, saat anak ingin mainan baru padahal ia baru saja dibelikan mainan baru. Jika dibiarkan tentu bukan suatu hal yang baik.

Manusia kerap menginginkan hal yang melebihi kapasitas diri. Dan dengan bersyukur hidup kita akan menjadi bahagia, peka terhadap yang lain, menumbuhkan rasa empati selain itu orang yang hidup penuh syukur akan lebih bahagia dan memiliki rasa optimis tinggi serta mengurangi dari stress dan depresi. 

5 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Bagikan Sembarangan

Itulah kenapa rasa syukur penting untuk diajarkan dan ditumbuhkan kepada anak sejak dini karena dapat membentuk pribadi anak sedari kecil. 

Bagaimana ya caranya mendidik anak untuk menjadi pribadi penuh syukur? Ini tips dari dokter  S.T Andreas, M.Ked(Ped), SpA, dokter spesialis anak dari rumah sakit EMC diintip dari instagram pribadinya dan dirangkum dari laman youtube Dunia Parenting. Mari kita Bahas!

Halaman Selanjutnya
img_title