Terinspirasi dari Pokemon Go, I Gede Merta Yoga Ciptakan Aplikasi Fish Go untuk Bantu Nelayan Bali

I Gede Merta Yoga
Sumber :
  • Instagram

OlretI Gede Merta Yoga adalah salah satu penerima Apresiasi SATU Indonesia Award 2023 karena menjadi tokoh yang gagasan, kegigihan, dan inisiatifnya mampu mensejahterakan nelayan di kampungnya. Melalui Kampung Berseri ASTRA (KBA), ide I Gede Merta Yoga untuk membuat Fish Go telah memberi dampak yang besar di bidang teknologi.

Ayam Betutu, Kuliner Legendaris Bali yang Mendunia

Bali memang dikenal sebagai salah satu pulau di Indonesia yang masyarakatnya menggantungkan hidup pada pantai, baik melalui pariwisata maupun hasil alamnya.

Dengan Fish Go buatan Pratama, teknologi dalam alat ini mampu melacak letak ikan dengan memakai navigasi. Inovasi ini bertujuan untuk membantu nelayan di sekitar tempat tinggalnya bangkit bersama sehingga bisa lebih mudah memancing ikan. 

5 Romantic Places to Visit in Bali, Seminyak - Pura Besakih Temple

Navigasi dalam aplikasi Fish Go memungkin seseorang bisa mengidentifikasi area dan waktu terbaik untuk menangkap ikan. Sehingga selain lebih mudah dan efisien waktu, serta menghemat tenaga, alat ini bisa meningkatkan jumlah tangkapan para nelayan.

Tak hanya itu, aplikasi Fish Go ini juga didukung dengan teknologi penginderaan jauh, oseanografi, dan mengidentifikasi jenis ikan di laut dalam. 

Tak Perlu Jauh Ke Maldives, Kenalin Nih Pulau Pahawang. Lampung Rasa Maldives

Namun, Pratama tidak sendiri. Ia dibantu oleh 9 orang rekannya untuk mengembangkan terobosan-terobosan Fish Go yang memudahkan nelayan Bali.

Orang-orang yang sangat peduli dengan kesejahteraan masyarakat sekitar pantai pasca dihantam pandemi selama 2 tahun ini ingin melihat nelayan dengan taraf hidup yang lebih baik. Bersama kesembilan rekannya, melalui perantara Fish Go, Pratama juga membantu para nelayan untuk melihat pergerakan ikan dan memprediksi cuaca secara akurat.

Halaman Selanjutnya
img_title