Putu Gede Wisnawa Sulap Peguyangan Bali Menjadi Ekowisata Seluas 115 hektar

Banjar Berseri Astra (BBA) Pulugambang, Peguyangan, Denpasar
Sumber :
  • Instagram

Olret – Banjar Berseri Astra (BBA) Pulugambang, Peguyangan, Denpasar adalah salah satu daerah yang meraih Kampung Berseri Astra (KBA) 2023. Hal ini lantaran kampung ini kini telah disulap menjadi destinasi wisata kota yang kental dengan suasana kearifan lokal masyarakat Bali.

Inovasi Nurman Farieka, Ubah Limbah Ceker Ayam Jadi Sepatu Berkualitas Internasional

Ekowisata BBA memiliki alam persawahan Bali seluas 115 hektar dengan 198 orang yang menjadi pemilik maupun petani binaan. Untuk mewujudkan kampung yang berbasis ekowisata dan kewirausahaan ini tak terlepas dari ide Putu Gede Wisnawa.

Ia melihat ada potensi besar di areal kampungnya karena lokasi BBA yang cukup strategis karena berada di tengah kota. Sehingga wisatawan cukup mudah untuk datang ke tempat ini untuk menikmati suasana pedesaan.

Ahmad Hasyim Wibisono, Pelopor Perawatan Luka dengan Teknologi Modern Melalui Pedis Care

Sementara itu, selain membangun ekowisata, ia juga memberdayakan masyarakat sekitar di bidang wirausaha. Menurutnya, pelaku usaha kerakyatan di Banjar Berseri Astra Pulugambang bukanlah UMKM formal.

Para warga lokal di kampung ini hanya menjual hasil panen sawah dan pertanian, serta ada juga yang menjual makanan, minuman ringan, maupun kuliner khas dari daerah masing-masing.

Nikmatnya Kopi Robusta Racikan Siswa SMK KBA Jambi, Telah Terjual Hingga Luar Provinsi

"Para pedagang itu umumnya kaum ibu, yang berdagang secara individu. Secara tidak langsung, keberadaan Subak Sembung ini memberdayakan perekonomian masyarakat," kata Gede Wisnawa, sebagaimana yang dikutip melalui Viva.co.id.

Selain itu, agar atmotfir kewirausahaan lokal di tempat ini semakin terbangun, BBA juga telah terfasilitasi dengan infrastruktur jogging track. Adanya jogging track ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Peguyungan.

Halaman Selanjutnya
img_title