Kartu Merah Saliba, Arsenal 'Terkejut' Jelang Pertarungan Besar Melawan Liverpool

William Saliba
Sumber :
  • twitter (x)

Olret VIVA – Gelandang Arsenal William Saliba menerima kartu merah langsung pada pertandingan melawan Bournemouth setelah intervensi VAR, memaksanya untuk absen pada pertandingan mendatang dengan Liverpool.

Kalah dari China, Indonesia Masih Belum Mencium Aroma Kemenangan

Ini menjadi kabar buruk bagi pelatih Mikel Arteta dan Arsenal karena mereka baru saja kehilangan pemain kunci William Saliba untuk laga penting melawan Liverpool pada 27 Oktober.

Gelandang Prancis itu langsung mendapat kartu merah pada laga melawan Bournemouth setelah situasi kontroversial dengan intervensi VAR.

Jerman Berjuang Mengalahkan Belanda, Melaju ke Perempat Final UEFA Nations League

Insiden tersebut terjadi pada menit ke-30 pertandingan, bermula dari back pass ceroboh yang dilakukan Leandro Trossard. Situasi tersebut membuat Saliba berada dalam posisi sulit saat menghadapi penyerang Bournemouth Evanilson yang berpeluang langsung mengarah ke gawang Arsenal. Dalam upaya menghentikan lawannya, Saliba menjatuhkan Evanilson.

Awalnya, wasit Rob Jones hanya mengeluarkan peringatan kartu kuning kepada Saliba. Namun, setelah disarankan oleh VAR Jared Gillett untuk meninjau situasi di layar, wasit memutuskan untuk meningkatkan penalti menjadi kartu merah langsung dengan alasan Saliba menghalangi peluang emas untuk mencetak gol.

Pusat pertandingan Liga Premier menjelaskan keputusan ini di jejaring sosial dengan jelas mencetak gol dan meminta peninjauan di lapangan. Wasit kemudian meningkatkan kartu kuning menjadi kartu merah."

Inggris Dengan Mudah Mengalahkan Finlandia di UEFA Nation League

Ini adalah kartu merah pertama Saliba dalam 93 pertandingan bersama Arsenal, namun konsekuensinya sangat serius. Menurut aturan, dia harus istirahat 1 pertandingan dan pertandingan itu merupakan konfrontasi penting dengan Liverpool - pesaing langsung kejuaraan Liga Premier musim ini.

Khususnya, ini adalah kartu merah ketiga Arsenal musim ini, setelah Declan Rice dan Leandro Trossard - yang juga menerima kartu kuning kedua karena menunda pertandingan melawan Brighton dan Manchester City. Hal ini membuat pelatih Mikel Arteta semakin tidak puas dengan keputusan wasit.

Hilangnya Saliba menjadi kerugian besar bagi Arsenal, apalagi dalam konteks tim sedang menghadapi masalah kekuatan. Bukayo Saka cedera dan absen, sedangkan kapten Martin Odegaard belum pulih dari cedera yang dideritanya saat pemusatan latihan timnas Norwegia pada September lalu.

Arsenal saat ini sedang mencatatkan empat kemenangan beruntun di semua kompetisi dan berharap dapat mempertahankan performa tersebut. Namun absennya Saliba di laga melawan Liverpool tentu akan mempengaruhi rencana taktis pelatih Arteta, dan menambah tekanan bagi tim dalam perebutan gelar juara Liga Inggris.