Semangat Tutus Setiawan Sebagai Lentera Bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra

Tutus Setiawan
Sumber :
  • viva.co.id

Olret –Gelap, lemah dan tak berdaya, itulah pandangan kebanyakan orang pada mereka yang memiliki disabilitas tunanetra. Bahkan kekurangan itu pula yang membuat orang lain enggan untuk menjalin kerja sama dan memberikan pekerjaan yang layak. 

Inovasi Nurman Farieka, Ubah Limbah Ceker Ayam Jadi Sepatu Berkualitas Internasional

Anggapan, apakah mereka mampu? apakah mereka tidak akan berbalik menyusahkan? Masih mengakar dalam pikiran sebagian besar masyarakat. 

Diskriminasi ini tentu saja menjadi penghambat penyandang Disabilitas Tunanetra untuk bergerak maju dan membuktikan kualitas diri.

Ahmad Hasyim Wibisono, Pelopor Perawatan Luka dengan Teknologi Modern Melalui Pedis Care

Namun, semua itu akhirnya terbantahkan dengan semangat yang dimiliki Tutus Setiawan (42), penyandang tuna netra sejak usia 8 tahun dan sudah menyelesaikan pendidikan S2-nya di Unesa (Universitas Negeri Surabaya).

Bagaikan lentera di tengah gelapnya dunia penyandang tunanetra, Tutus membuktikan jika penyandang disabilitas tunanetra dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik selayaknya orang normal. Dan tentu saja meraih impian tanpa dipandang sebelah mata lagi. 

Perjuangan Siti Salamah, Dari Pendidikan Hingga Kesejahteraan Bagi Pemulung

Mereka tidak hanya bisa bekerja sektor informal seperti tukang pijat, menjadi guru atau pemain musik. Namun juga punya potensi lebih untuk berkarier di bidang-bidang yang lebih luas.

Impian tersebut direalisasikan dengan mendirikan LPT (Lembaga Pemberdayaan Tunanetra) bersama 4 orang temannya sesama tuna netra, yaitu Sugi Hermanto, Atung Yunarto, Tantri Maharani dan Yoto Pribadi sejak tahun 2003 silam. 

Halaman Selanjutnya
img_title