Berapa Jarak Tempuh Ban Mobil Harus Diganti?

Kelebihan Mobil Bekas
Sumber :
  • freepik.com

OlretBan mobil yang biasa digunakan saat ini sebaiknya diganti setiap beberapa tahun sekali. atau berapa kilometer Jadi akan benar dan aman. Pada artikel ini olret akan merekomendasikan interval penggantian ban yang tepat.

Berapa kilometer ban mobil diganti setiap kilometer?

Membeli Mobil Bekas, Berapa Batas Jarak Tempuh yang Harus Dibeli?

Ban merupakan suku cadang yang memiliki umur sama seperti suku cadang lainnya. Pada umumnya ban mobil memiliki umur kurang lebih 4-5 tahun sejak pertama kali digunakan. Atau berdasarkan jarak yang digunakan kurang lebih 50.000 – 80.000 kilometer atau lebih.

Sedangkan garansi kualitas ban dari pabrikan kurang lebih 40.000 kilometer atau 2-4 tahun (atau lebih), tergantung kondisi masing-masing merek. Namun, umur ban mobil mungkin kurang dari itu. Hal ini dapat diamati dari unsur-unsur lain secara bersama-sama sebagai berikut:

7 Jenis Mobil Bekas yang Sebaiknya Tidak Kamu Beli Untuk Mobil Pertama

1. Bahu atau dinding samping ban retak. Hal ini menandakan ban sudah keras dan rusak, menandakan sudah waktunya untuk menggantinya.

2. Tapak ban hilang. Jika alur tapak yang tersisa kurang dari 2 milimeter, sebaiknya segera ganti ban untuk menjaga efisiensinya dalam menyebarkan air. Jika tidak, hydroplaning akan mudah terjadi. Resiko menyebabkan kecelakaan.

5 Hal yang Mutlak Tidak Boleh Dilakukan Saat Mobil Mogok di Jalan Tol

3. Ban mengeluarkan bunyi merengek saat melakukan pengereman atau menikung. Menunjukkan bahwa karet mulai mengeras. Hal ini akan mengurangi efisiensi adhesi jalan. Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti ban baru jika ada kesempatan.

Halaman Selanjutnya
img_title