4 Bagian Sepeda Motor yang Perlu Dicek Setelah Melewati Kawasan Banjir

Bagian Sepeda Motor yang Perlu Dicek Setelah Melewati Kawasan Banjir
Sumber :
  • twitter (x)

Olret – Memeriksa dan merawat sepeda motor Anda setelah melewati daerah banjir sangat penting untuk menjamin keselamatan dan kinerja pengoperasian.

Halalkan Cinta Dengan Menikah, Agar Bisa Menjadi Berkah Bukan Musibah

Setelah sepeda motor melewati kawasan banjir, pemeriksaan dan perawatan sangat diperlukan untuk memastikan setiap detail pada kendaraan dapat beroperasi dengan stabil dan aman.

Air yang tergenang dapat menembus komponen vital seperti mesin, sistem kelistrikan, dan rem sehingga menimbulkan kerusakan tersembunyi yang tidak dapat dideteksi dengan mata telanjang. Untuk melindungi kendaraan Anda dan menjaga performa pengoperasian, memeriksa bagian-bagian berikut sangatlah penting.

1. Periksa sistem rem

Pertama, sistem rem perlu diperiksa secara menyeluruh. Air dapat mengurangi efektivitas rem, terutama saat bantalan rem basah. Untuk mengembalikan performa pengereman, pemilik kendaraan sebaiknya mencoba pengereman ringan beberapa kali, yang membantu menghilangkan genangan air dan meningkatkan traksi.

Namun jika setelah melakukan langkah tersebut rem masih belum berfungsi dengan baik, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih dalam atau penggantian bantalan rem, apalagi jika bagian tersebut sudah terlalu lama terendam air.

2. Periksa oli mesin

Viral Foto Mata Hitam Khabib Nurmagomedov Akhirnya Terpecahkan Usman Nurmagomedov

Selanjutnya, pengecekan oli mesin merupakan langkah yang tidak boleh dilewatkan. Air yang masuk ke dalam oli mesin akan mengurangi pelumasan dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin.

Oli mesin yang terkontaminasi air sering kali berubah warna menjadi putih susu, mudah dikenali saat oli dikuras.

Dalam hal ini, pemilik mobil perlu segera mengganti oli dan memeriksa bagian-bagian terkait untuk memastikan mesin dapat beroperasi dengan lancar, menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Halaman Selanjutnya
img_title
Macbook Air M2 13 inci atau 15 inci : Produk Mana yang Tepat untuk Anda?