Citroen C5 Aircross 2022: Masih SUV Paling Nyaman?

Citroen C5 Aircross 2022
Sumber :
  • caranbike

Olret – Ini adalah Citroen C5 Aircross baru. Oke, ini bukan hal baru, melainkan facelift. Citroen telah memperbarui SUV keluarganya menjadi nip & tuck mid-cycle tanpa mengubah mekanisme mobil.

Catat! 6 Cara Mengatasi Rekan Kerja yang Sok Tahu

Jika tidak rusak, jangan memperbaikinya, kan? Dalam avatar 2022-nya, pembuat mobil Prancis telah berusaha untuk meningkatkan kecerdasan premium SUV, di segmen yang didominasi oleh Hyundai Tucson, Jeep Compass, dan bahkan Volkswagen Tiguan. Kita harus menghabiskan waktu singkat dengan SUV ukuran menengah premium untuk memahami apakah suguhan visualnya cukup untuk menjadi besar kali ini.

Exterior (Bagian luar)

Citroen C5 Aircross 2022

Photo :
  • caranbike
6 Cara Membuat Wanita Orgasme Lebih Cepat

Citroen C5 Aircross selalu merupakan mobil yang tampak unik; itu tampan tapi aneh. Dan itulah yang pertama kali berhasil bagi perusahaan, karena gaya yang berbeda sangat spesifik untuk merek tersebut. Bahkan dengan facelift, Citroen tidak terlalu banyak bermain-main dengan formula itu.

Namun, perubahan signifikan pada panel logam mobil semakin mempertajam tampilannya. Tampilan split-headlamp berlapis dari model pra-facelift diganti dengan desain yang lebih bersih untuk lampu depan satu bagian melingkar yang menyimpang di tepi luar. Dua set DRL LED sejajar dengan gril, menambahkan daya tarik ekstra, sementara logo Chevron ganda tetap tidak bergerak dari tengah. Bumper dan pelat selip menerima pembaruan yang rapi.

4 Alasan Utama Penyebab Pengajuan Pembiayaan Mobil Gagal

Asupan udara sentral lebih sempit dari sebelumnya, sedangkan bagian dalam di samping dikatakan meningkatkan aerodinamika SUV premium. Dan itu cukup banyak perubahan besar di bagian depan.

Pindah ke profil, terlepas dari desain baru untuk velg 18 inci, mobil ini cukup banyak mempertahankan semua elemen gaya merek dagang dari versi sebelumnya. Hal yang sama terjadi di bagian belakang, meskipun untuk elemen pencahayaan persegi panjang dan warna gelap pada lampu belakang.

Teknologi & Interior

Sementara perangkat tambahan menambah kedalaman eksterior, itu adalah bagian dalam di mana Anda akan melihat perubahan terbesar. Layar sentuh infotainment 8,0 inci yang lebih kecil telah digantikan oleh unit 10 inci yang lebih besar dan berdiri bebas. Kami tidak memiliki keluhan tentang operasinya terakhir kali, dan sentimen itu juga tidak berubah dengan yang satu ini.

Apple CarPlay dan Android Auto adalah perlengkapan standar dengan semua mobil Citroen di India. Pengoperasiannya juga mulus untuk digunakan, sama seperti sebelumnya. Sistem ini digabungkan ke sistem suara enam speaker dengan mid-bass yang hidup.

Tombol pintas berbasis sentuhan untuk sistem infotainment tetap dipertahankan, tetapi sekarang berada di bawah ventilasi AC. Konsol tengah menerima tweak halus karena sekarang menampung pemilih gigi gaya toggle baru, bukan tuas persneling tradisional.

Bahkan tombol melingkar untuk mode drive di konsol tengah telah diganti dengan tombol persegi panjang baru. Seperti sebelumnya, Citroen C5 Aircross facelift 2022 juga dilengkapi dengan tiga kursi individual sliding, reclining, dan retractable di baris kedua yang meningkatkan rasa nyaman.

Kursi-kursinya disokong dengan baik dengan ujung busa berkepadatan tinggi dengan busa lembut, membuatnya cukup nyaman. Ada jok baru untuk jok, sandaran tangan, dan konsol tengah yang merupakan campuran kulit dan kain dalam nuansa hitam dan abu-abu.

Ruang kargo juga sangat luas. Bahkan, ini adalah yang terbesar di kelasnya dengan 580 liter dengan baris kedua didorong ke belakang. Geser baris itu ke depan dan Anda mendapatkan 720 liter. Dan lipat baris ke bawah dan itu adalah 1.630 liter yang sangat besar.

Mesin & Transmisi

Sementara eksterior dan interior telah di bawah pisau, bit mekanis dibiarkan sama sekali tidak berubah. SUV ini terus menggunakan mesin diesel 2.0 liter yang sama yang menghasilkan tenaga 174 bhp @ 3750 rpm dan 400 Nm @ 2000 rpm yang sama yang dipasangkan dengan unit otomatis 8 kecepatan.

Citroen C5 Aircross 2022 terus mengklaim status jarak tempuh yang diklaim terbaik di segmennya dengan angka 17,5 kmpl. Dan hampir tidak ada perbedaan dengan cara mengemudi mobil, dengan tingkat kenyamanan yang utuh.

Perjalanan & Penanganan

Citroen C5 Aircross 2022

Photo :
  • caranbike

Dan karena tidak ada perubahan pada jantungnya, dinamika berkendara dan kualitas pengendaraan mobil tetap identik dengan model sebelumnya. Masih meluncur dengan nyaman di jalan dengan suspensi bantalan hidrolik progresif dan tidak gagal untuk mengesankan kami, sekali lagi, dengan kenyamanan berkendara yang luar biasa.

Kemudi yang ringan membuat berkendara semakin nyaman di dalam kota. Namun, umpan balik yang membosankan pada kecepatan yang lebih tinggi sayangnya belum hilang.

Level NVH juga hampir sama seperti sebelumnya. Mesin diesel memiliki penyaluran daya linier yang konsisten dan paling dihargai saat dikendarai dengan santai. Bahkan gearbox konverter torsi adalah unit yang layak, yang menahan gigi saat berakselerasi. Anda juga mendapatkan- mode Eco dan Sport.

Rem masih memiliki gigitan yang kuat dan menawarkan perasaan yang baik juga. C5 Aircross juga mendapatkan mode traksi untuk salju, pasir, standar, dan segala medan.

Harga & Trims

Citroen C5 Aircross 2022 hadir dalam satu trim Shine yang terisi penuh, yang berarti trim Feel entry-level yang tersedia dengan model pra-facelift tidak lagi ditawarkan. Terbukti, harganya juga naik hingga Rs. 2,89 lakh dibandingkan dengan model pra-facelift, karena sekarang dibanderol dengan harga Rs. 36,67 lakh (ex-showroom).

Jika dibandingkan dengan versi spesifikasi teratas dari Hyundai Tucson dan Jeep Compass, Aircross C5 2022 lebih mahal Rs. 2.13 lakh dan Rs. 4,45 lakh, masing-masing. Ya, itu sangat mahal.

Perhatikan bahwa Volkswagen Tiguan hadir dengan versi bensin tunggal yang terisi penuh, dan bahkan itu lebih terjangkau dengan Rs. 4,40 juta. Sementara Citroen C5 Aircross hanya memiliki satu varian untuk dipilih, Hyundai Tucson baru menawarkan lima trim diesel selain tiga trim bensin, sedangkan Compass memiliki tujuh trim diesel, termasuk versi Trailhawk. Jumlah ini semakin meningkat menjadi 12 berkat versi bensin. Lalu ada juga edisi khusus, tetapi kami tidak menghitungnya.

Sumber : carandbike.com