7 Hadits Rosululloh Tentang Pentingnya Kepedulian Pada Tetangga. Bisa Cegah KDRT!

Hidup rukun dengan tetangga
Sumber :
  • freepik.com

Olret –Salah satu hikmah dari munculnya kasus KDRT hingga pembunuhan terhadap keluarga sendiri adalah untuk mengingatkan betapa pentingnya memperbaiki hubungan kepedulian dengan tetangga

Karena Jodoh Adalah Cerminan Dari Diri Sendiri, Maka Teruslah Memantaskan Diri

Sebab diamnya korban dan tetangga yang menjadi saksi tindakan KDRT tersebut, yang menjadi penyebab fatal kdrt semakin parah bahkan bisa menghilangkan nyawa seseorang. 

Rosululloh SAW bersabda lewat haditsNya

7 Keutamaan Istri Yang Sholihah. Sungguh Beruntung Pria Bisa Memilikinya!

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإِيمَانِ

Artinya: "Jika di antara kamu melihat kemungkaran maka ubahlah dengan tanganmu, dan jika kamu tidak cukup kuat untuk melakukannya, maka gunakanlah lisan, namun jika kamu masih tidak cukup kuat, maka ingkarilah dengan hatimu karena itu adalah selemah-lemahnya iman." (HR Muslim).

5 Ikhtiar Istri Dalam Islam Untuk Mencegah Suami Selingkuh. Terapkan Di Rumah Ya Bunda!

Apalagi jika kemungkaran/kezaliman/kerusakan/kekerasan tersebut ada di depan mata. Sebisa mungkin dibantu bisa dengan kuasamu, lisanmu atau doamu. 

Misal seperti kasus ayah bunuh 4 anak kandung di Jagakarsa. Diketahui ibu korban menderita KDRT hingga dirawat di rumah sakit. Saat ibu ke-empat anak ini di rumah sakit karena luka-luka penganiayaan, seharusnya tetangga atau saudara ada yang mencoba mengambil anak-anaknya yang masih kecil atau menghubungi dinas sosial dan pemerintah setempat, untuk mengamankan karena ayahnya jelas dalam kondisi emosional yang tidak baik-baik saja. 

Halaman Selanjutnya
img_title