Cara Menemukan Jodoh Terbaik Menurut Allah dan Rasulullah

Bukan Jodoh
Sumber :
  • instagram

OlretRezeki, jodoh dan kematian merupakan sebuah rahasia dan hanya Allah lah yang mengetahuinya. Mendapatkan jodoh yang baik merupakan dambaan setiap orang, lalu apa yang dapat menjadi indikator atau acuan untuk kita mencari pasangan yang baik ?

Batas Kuatmu Allah Selalu Tahu, Maka Bertahanlah Meski Saat Ini Menyakitkan

Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam bersabda : “Seorang perempuan biasanya dinikahi karena empat perkara: Harta, nasab, kecantikan dan agamanya. Maka utamakan memilih wanita yang beragama, kamu akan merugi (bila tidak memilihnya).” (HR. Bukhori)

Hadits tersebut memang merujuk untuk para muslim yang mencari muslimah sebagai jodohnya. Namun banyak ulama yang berpendapat jika hadits tersebut juga berlaku untuk para muslimah yang mencari jodohnya.

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Walaupun harta, nasab, dan rupa adalah 3 teratas yang disebut dalam hadits di atas, semuanya tak berarti apa-apa jika agama seseorang itu buruk. Karena itu, yang terbaik tentunya yang memiliki agama yang kuat sehingga bisa membimbing satu sama lain hidup di jalan Allah.

Akhlak yang baik merupakan cermin seseorang yang shalih. Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Jika Bergantungmu Sudah Pada Allah, Pilihan Apapun yang Kamu Pilih Tidak Akan Mengecewakanmu

"Apabila datang kepadamu (untuk meminang) yaitu seseorang yang kamu telah rela terhadap agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah (anak perempuanmu) dengannya, apabila tidak, maka akan terjadi fitnah dan kerusakan yang meluas di muka bumi." (HR Tirmidzi)

Halaman Selanjutnya
img_title