Cara Menumbuhkan Fitrah Anak Usia 0-7 Tahun, Dapat Diterapkan Oleh Ayah Bunda Di Rumah

Anak-anak muslim
Sumber :
  • @okyarisandi

Olret – Sebagaimana kita tahu bahwa sedikitnya ada 8 fitrah manusia yang sudah terbawa dari lahir (fitrah based education). Kitalah orang tua yang perlu menguatkan fitrah yang telah Allah berikan kepada anak. Bagi Anda orang tua yang membutuhkan contoh kegiatan untuk bisa menumbuhkan dan merawat fitrah anak Anda, berikut contoh kegiatan yang bisa Ayah dan Bunda terapkan di rumah masing-masing, dirangkum dari kajian Ustadz Harry Santosa.

1. Fitrah keimanan 

Kerja Bukan Melulu Soal Uang, Bersyukurlah Meski Gaji Pas-Pasan

Anak-anak mengaji

Photo :
  • @okyarisandi

Bacakan kisah bersastra baik yang berkesan mendalam, seperti kisah indahnya akhlak Rasulullah SAW dan para sahabatnya, kisah indahnya surga, indahnya Al-Qur'an. Selanjutnya tunjukan wajah berseri atau memeluk setiap adzan berkumandang, agar menumbuhkan gairah cinta kepada Allah dan keindahan sholatnya. Lalu kenalkan Allah pada setiap momen. Kontekskan setiap peristiwa kepada Sifat Rabb Allah (Pencipta, Pemberi rezeki, Pengabul doa, Pelindung, Pemelihara)

2. Fitrah belajar dan bernalar

Hidup Cuma Sekali, Jangan Sia-Siakan. Apalagi Kamu Punya Orang-Orang Yang Berharga Di Sisimu

Belajar mengeksplorasi tumbuh dan anggota keluarga. Memberi inspirasi semangat belajar dengan melihat, menyentuh, memegang, mengalami dengan berkesan secara langsung di alam. Membacakan buku bersastra indah dan berkesan.

3. Fitrah bakat dan kepemimpinan

Halaman Selanjutnya
img_title